KEANEKARAGAMAN MAKROFAUNA TANAH PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jaqc.) YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays.L)

Hafizan, Mahdi (2019) KEANEKARAGAMAN MAKROFAUNA TANAH PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jaqc.) YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays.L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian tentang keanekaragaman makrofauna tanah pada tanaman kelapa sawit yang diintegrasikan dengan tanaman jagung pada kelas umur yang berbeda telah dilakukan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan Februari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah famili yang ditemukan, mengetahui keanekaragaman tertinggi sampai terendah, dan mengetahui penyebaran makrofauna tanah pada tanaman kelapa sawit yang diintegrasi dengan tanaman jagung pada kelas umur yang berbeda. Metode penelitian adalah survei, dengan pengambilan titik sampel menggunakan metode Purposive Random Sampling dalam petak pengamatan yang berukuran 5m x 5m di sela tanaman kelapa sawit, pengambilan sampel secara hand shorting dan pitfall trap dan jarak dari setiap titik sampel ±2 m dalam petakan sampel. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 906 individu makrofauna tanah dari 2 filum, 5 kelas, 9 ordo,dan 15 famili. Jumlah makrofauna tanah yang di koleksi pada tanaman kelapa sawit yang diintegrasi dengan tanaman jagung umur 1 bulan berjumlah 218 individu, umur 2 bulan berjumlah 345, dan setelah panen berjumlah 343 individu. Keanekaragaman tertinggi pada tanaman kelapa sawit yang diintegrasi dengn tanaman jagung setelah panen yaitu 2,09 dan terendah pada tanaman kelapa sawit yang diintegrasi dengan tanaman jagung umur 2 bulan yaitu 1,72. Penyebaran makrofauna tanah tidak merata karena adanya spesies yang mendominasi dari famili Glossoscolecidae. Kata Kunci: makrofauna tanah, kelapa sawit, jagung, keanekaragaman Glossoscolecidae

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 28 Oct 2019 12:27
Last Modified: 28 Oct 2019 12:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52871

Actions (login required)

View Item View Item