ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) DI KELURAHAN CUPAK TANGAH KOTA PADANG

Bobby, Dwi Putera (2019) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) DI KELURAHAN CUPAK TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Pendahuluan)
bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
bab 7 Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelurahan Cupak Tangah merupakan kelurahan yang paling banyak menyumbang angka kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Pauh Kota Padang, dan Kecamatan Pauh sendiri adalah salah satu kecamatan di Kota Padang yang mengalami peningkatan angka kejadian DBD beberapa tahun terakhir. Kecamatan Pauh juga belum mencapai target angka bebas jentik (ABJ) yaitu masih dibawah 95%. Salah satu upaya yang paling tepat dalam pencegahan dan pemberantasan DBD adalah praktik pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan praktik PSN DBD di Kelurahan Cupak Tangah tahun 2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan analisis univariat, bivariat dengan uji chi square test dan multivariat dengan regresi logistik biner. Sampel penelitian ini adalah salah satu anggota keluarga dari rumah tangga yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 57 orang dengan proportional random sampling. Hasil penelitian didapatkan faktor yang berhubungan dengan praktik PSN DBD, p<0.05 adalah pendidikan, pengetahuan, sikap dan dukungan petugas kesehatan sedangkan yang tidak berpengaruh adalah umur, pekerjaan dan riwayat sakit DBD. Faktor dominan yang berhubungan dengan praktik PSN DBD adalah pengetahuan dan sikap. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan untuk lebih meningkatkan praktik PSN DBD guna menekan angka kejadian DBD di Kota Padang, khusunya Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reni Prima Gusty, S.Kp, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pemberantasan, Sarang, Nyamuk, Demam Berdarah Dengue, Analisis Faktor
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Oct 2019 14:46
Last Modified: 26 Oct 2019 14:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52870

Actions (login required)

View Item View Item