KINERJA ORGANISASI PENGELOLA TINGKAT MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DAN PEMELIHARAAN HASIL PROGRAM SANIMAS DI KELURAHAN KAPALO KOTO KOTA PADANG

HAFIZHAH, HAFIZHAH (2019) KINERJA ORGANISASI PENGELOLA TINGKAT MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DAN PEMELIHARAAN HASIL PROGRAM SANIMAS DI KELURAHAN KAPALO KOTO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
1. COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
3. BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hafizhah, Nomor BP 1310841031, Kinerja Organisasi Pengelola Tingkat Masyarakat Dalam Pemanfaatan dan Pemeliharaan Hasil Program SANIMAS di Kelurahan Kapalo Koto Kota Padang, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2019. Dibimbing oleh Dr. Roni Ekha Putera, M.PA dan Dr. Ria Ariany, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 133 halaman dengan referensi 11 buku teori, 4 buku metode, 5 skripsi, 2 peraturan, 6 dokumen, 1 jurnal, dan 2 website. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencemaran lingkungan akibat masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki akses sanitasi air limbah domestik yang layak. Upaya perbaikan sanitasi dilakukan melalui Program SANIMAS dengan menyediakan sarana sanitasi air limbah domestik untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Program SANIMAS di tingkat masyarakat dilaksanakan oleh Organisasi Pengelola Tingkat Masyarakat. Kelurahan Kapalo Koto merupakan salah satu kelurahan yang diprioritaskan dalam penangan sanitasi di Kota Padang. Keberlanjutan Program SANIMAS dilaksanakan melalui kegiatan pemanfaatan dan pemeliharaan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Kinerja Organisasi Pengelola Tingkat Masyarakat Dalam Pemanfaatan dan Pemeliharaan Hasil Program SANIMAS di Kelurahan Kapalo Koto Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Teori penelitian yang digunakan adalah ruang lingkup manajemen kinerja menurut Wibowo yang terdiri dari empat variabel, yaitu masukan, proses, keluaran, dan manfaat. Hasil penelitian menunjukkan dari keempat variabel yang dikemukakan oleh Wibowo, maka dapat disimpulkan bahwa Kinerja Organisasi Pengelola Tingkat Masyarakat Dalam Pemanfaatan dan Pemeliharaan Hasil Program SANIMAS di Kelurahan Kapalo Koto belum tercapai secara maksimal. Kegiatan pemanfaatan dan pemeliharaan hasil Program SANIMAS di Kelurahan Kapalo Koto mengalami beberapa kendala. Disebabkan oleh beberapa indikator yang belum maksimal, seperti kapabilitas Organisasi Pengelola Tingkat Masyarakat yang rendah, sumber pendanaan dari iuran masyarakat pemanfaat untuk pemeliharaan dan pengembangan program tidak terkumpul. Pelaksanaan kegiatan pemanfaatan dan pemeliharan masih belum rutin dilakukan. Monitoring lanjutan tidak dilakukan secara berkala dan kegiatan evaluasi tidak dilakukan setiap tahunnya. Namun, jika dilihat dari manfaat yang dihasilkan dari Program SANIMAS memiliki dampak untuk mengurangi pencemaran lingkungan permukiman, sehingga menyebabkan tingkat kesehatan masyarakat meningkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, M.AP
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Organisasi Pengelola Tingkat Masyarakat, dan Program SANIMAS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 26 Oct 2019 12:18
Last Modified: 26 Oct 2019 12:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52869

Actions (login required)

View Item View Item