PENGARUH PEMBERIAN DOSIS TRICHO-KOMPOS GAMAL (Gliricidia sepium) DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.)

Irwanto, Irwanto (2019) PENGARUH PEMBERIAN DOSIS TRICHO-KOMPOS GAMAL (Gliricidia sepium) DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Skripsi Full)
sripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan Januari sampai dengan bulan mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk melihat interaksi dan pengaruh faktor tunggal terhadap pemberian berbagai dosis tricho-kompos gamal dan pupuk NPK yang terbaik terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika (Coffea arabica L.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah dosis tricho-kompos gamal yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 50 g, 75 g, 100 g, dan 125 g. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 taraf yaitu 3 g, 6 g dan 9 g. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf 5%, jika F hitung lebih besar dari F Tabel 5% dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya interaksi antara perlakuan tricho-kompos gamal dan pemberian pupuk NPK terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, panjang helaian daun terpanjang, lebar helaian daun terlebar dan berat kering tajuk tanaman kopi Arabika. Pemberian dosis tricho-kompos gamal 75 g dan dosis pupuk NPK 6 g memberikan interaksi terbaik terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika pada masa pembibitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Indra Dwipa, MS
Uncontrolled Keywords: tricho-kompos gamal, pupuk npk, kopi arabika
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 26 Oct 2019 11:32
Last Modified: 26 Oct 2019 11:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52867

Actions (login required)

View Item View Item