KONTRIBUSI ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN TERHADAP KEPENTINGAN PEREMPUAN Studi Kasus :Terhadap Anggota Legislatif Perempuan DPRD Bungo Periode 2014-2019

Andila, Yunika (2019) KONTRIBUSI ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN TERHADAP KEPENTINGAN PEREMPUAN Studi Kasus :Terhadap Anggota Legislatif Perempuan DPRD Bungo Periode 2014-2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan ABstrak)
cover n abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (TESIS FULL TEKS)
FILE UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Posisi perempuan di DPRD penting untuk mengangkat isu-isu masalah perempuan. Perempuan memiliki kebutuhan khusus yang hanya difahami oleh perempuan itu sendiri. Keterwakilan perempuan diharapkan bisa menghasilkan produk-produk kebijakan yang pro terhadap kepentingan perempuan. Pada periode 2014-2019, Anggota Legislatif Perempuan DPRD Kabupaten Bungo berjumlah 6 (enam) dari 35 total keseluruhan anggota legislatif. Jumlah tesebut mengalami peningkatan dari periode sebelumnya hanya 2 (dua) anggota legislatif perempuan yang menjadi keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten Bungo. Tetapi peningkatan jumlah keterwakilan tersebut tidak sejalan dengan pemenuhan kepentingan perempuan. Penelitian ini berfokus pada penyebab anggota legislatif perempuan di DPRD kabupaten Bungo tidak bisa berkontribusi terhadap kepentingan perempuan Kabupaten Bungo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keterwakilan politik perempuan : Politics of Idea dan Politics of Presence dari Anne Phillips. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kehadiran anggota legislatif perempuan di DPRD hanya sebatas kehadiran deskriptif, tidak termasuk kepada kehadiran subtantif apalgi kehadiran transformatif (Politics of Presence). Sehingga mereka tidak bisa memberikan gagasan dan ide-ide (Politics of Idea) yang terkait dengan masalah serta isu-isu perempuan di Kabupaten Bungo. Tidak ada pertarungan ide-ide yang terjadi didalam rapat-rapat yang dilaksanakan di DPRD Kabupaten Bungo yang menyuarakan kepentingan perempuan. Penyebabnya pertama, anggota legislatif perempuan tidak memahami keterwakilan perempuan dan kedua, motivasi awal anggota legislatif perempuan ikut pemilihan legislatif karena uang (money politics) dan peluang. Kata Kunci : Keterwakilan, Perempuan, Legislatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Indah Adi Putri,M.IP
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:40
Last Modified: 28 Oct 2019 11:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52838

Actions (login required)

View Item View Item