Hubungan Umur Ibu dan Paritas dengan Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Balita di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tahun 2019

Faneri, Faneri (2019) Hubungan Umur Ibu dan Paritas dengan Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Balita di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir-dikonversi.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan buku KIA dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak. Pemanfaatan buku KIA oleh ibu dapat dinilai dengan ibu membawa buku saat kunjungan ke posyandu atau kefasilitas kesehatan, membaca, memahami pesan, dan menerapkan pesan-pesan yang terdapat dalam buku KIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur ibu dan paritas dengan pemanfaatan buku KIA. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 277 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 344 sampel sesuai dengan jumlah sampel tertinggi pada penelitian payung kemudian diambil 277 orang secara simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan wawancara. Data dianalisis secara univariat untuk mengetahui distribusi rata-rata. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-square dengan 95% CI (ɑ=0,05) dan analisis stratifikasi menggunakan uji Mantel-Haenszel. Sebagian besar ibu balita di wilayah binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas memanfaatkan buku KIA (55,6%). Hasil analisis bivariat diperoleh tidak terdapat hubungan yang bermakna antara umur ibu dengan pemanfaatan buku KIA (p=0,332) dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara paritas dengan pemanfaatan buku KIA (p=0,379). Setelah dikontrol dengan tiga variabel confounding yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan, hasil analisis stratifikasi didapatkan variable pengetahuan ibu (POR Crude = 1,115 dan POR adjusted= 1,253) merupakan variable confounding/pengganggu terhadap hubungan paritas dengan pemanfaatan buku KIA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan umur ibu dan paritas dengan pemanfaatan buku KIA oleh ibu balita. Variabel pengetahuan ibu merupakan confounding/pengganggu terhdap hubungan paritas dengan pemanfaatan buku KIA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Umur ibu, paritas, pemanfaatan buku KIA, pengetahuan, sikap, tindakan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 26 Oct 2019 10:32
Last Modified: 26 Oct 2019 10:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52824

Actions (login required)

View Item View Item