ANALISIS PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN WILAYAH DI KABUPATEN DHARMASRAYA DENGAN PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT (LQ) DAN SHIFT SHARE ANALYSIS (SSA)

Nursani, Wahyudi (2019) ANALISIS PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN WILAYAH DI KABUPATEN DHARMASRAYA DENGAN PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT (LQ) DAN SHIFT SHARE ANALYSIS (SSA). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (776kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (680kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komoditi pertanian unggulan di Kabupaten Dharmasraya dan menganalisis komoditi pertanian unggulan yang diprioritaskan untuk dikembangkan di Kabupaten Dharmasraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder tahun 2013-2017. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dharmasraya, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dharmasraya dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Dharmasraya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui komoditi pertanian unggulan di Kabupaten Dharmasraya adalah kacang panjang, kangkung, bayam, semangka, durian, duku, nangka, salak, dan jengkol (untuk subsektor tanaman hortikultura), kemudian karet dan kelapa sawit (untuk subsektor tanaman perkebunan). Skenario pengolahan shift share analisis terdapat 3 yaitu analisisa Prioritas Per Susektor Tanaman Pertanian, analisa komoditi prioritas berdasarkan keseluruhan sektor pertanian dan analisa komoditi prioritas berdasarkan Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya. Komoditi prioritas yang tertuang dalam Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya menetapkan sebelas komoditi yang diprioritaskan antara lain padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, cabai, duku, durian, jeruk, kakao, karet dan sawit. Dari hasil penggabungan analisis Location Quotient (LQ) dan Shift Share Analysis (SSA) menetapkan empat komoditi prioritas, dari empat komoditi tersebut tidak satupun komoditi termasuk dalam prioritas pertama. Komoditi prioritas tersebut masuk kedalam prioritas kedua (sawit) dan keempat (durian, duku dan karet). Sesuai dengan hasil analisis dalam penelitian ini, disarankan kepada pemerintah daerah untuk mengevaluasi kembali program komoditi prioritas dalam RENSTRA untuk pembangunan daerah yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Rudi Febriamansyah,M.Sc. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Potensi, Location Quotient, Shift Share, Prioritas,
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Oct 2019 11:31
Last Modified: 26 Oct 2019 11:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52810

Actions (login required)

View Item View Item