ANALISIS EVALUASI KEAKURATAN DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN (D-CATH INSTRUMENT) DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LUBUK SIKAPING

Marisih, Damanik (2019) ANALISIS EVALUASI KEAKURATAN DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN (D-CATH INSTRUMENT) DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LUBUK SIKAPING. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (TESIS LENGKAP)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dokumentasi asuhan keperawatan harus dilakukan dengan lengkap dan akurat karena merupakan pertahanan diri perawat terhadap tuntutan juga sebagai bukti bahwa asuhan keperawatan benar telah dilakukan. Penelitian ini untuk melihat keakuratan dokumentasi keperawatan (D-Cath Instrument) di Instalasi Rawat Inap RSUD Lubuk Sikaping. Desain penelitian analitik deskriptif dengan observasi terhadap dokumen rekam medis. Sampel 305 dokumen dengan teknik proportional random sampling. Analisa data dengan analisa deskriptif (univariat). Hasil penelitian menunjukkan keakuratan struktur dokumentasi lengkap, keakuratan pengkajian keperawatan hampir seluruhnya sebagian lengkap (kuantitas) dan kualitas baik, keakuratan diagnosis keperawatan hampir seluruhnya hanya mengandung masalah keperawatan saja (kuantitas) dan seluruhnya kualitas buruk, keakuratan intervensi keperawatan hampir seluruhnya tidak ada aktifitas (kuantitas) dan kualitas buruk, keakuratan catatan perkembangan dan evaluasi sebagian besar sebagian lengkap (kuantitas) dan kualitas sedang dan legibility/keterbacaan sebagian besar kualitas baik. Saran kepada Kepala Bidang keperawatan untuk meningkatkan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan dengan membuat SOP pendokumentasian, pendidikan berkelanjutan dan pelatihan tentang Pendokumentasian NANDA-I, NIC, NOC, memanfaatkan Teknologi Informasi (IT), pendokumentasian metode Checklist, mengoptimalkan supervisi, mentoring serta pelaksanaan audit keperawatan secara berkala. Kata Kunci:Keakuratan, Dokumentasi Asuhan Keperawatan, D-Cath Instrument. Daftar Pustaka: 60 (2005-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr.dr.Rizanda Machmud.,M.Kes.,FISPH.,FISCM
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:36
Last Modified: 28 Oct 2019 15:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52799

Actions (login required)

View Item View Item