Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Booklet terhadap Pengetahuan dan Praktek Stimulasi serta MP-ASI pada Anak Stunting, Wasting, dan Underweight Usia 12-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Biaro Tahun 2019

Restu, Sakinah (2019) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Booklet terhadap Pengetahuan dan Praktek Stimulasi serta MP-ASI pada Anak Stunting, Wasting, dan Underweight Usia 12-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Biaro Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6(Penutup).pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Permasalahan gizi menjadi masalah kesehatan masyarakat yang tidak dapat diobati hanya dengan obat saja. Saat ini 18 dari 100 anak Indonesia mengalami underweight dan gizi buruk. Permasalahan gizi berkaitan erat dengan masalah ketahanan pangan yang juga berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan perilaku yang kurang dalam pola hidup sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan booklet terhadap pengetahuan dan praktek stimulasi serta MP-ASI pada anak 12-24 bulan stunting, wasting dan underweight di wilayah kerja Puskesmas Biaro tahun 2019. Metode Desain penelitian adalah kuantitatif menggunakan studi quasi experimental dengan menggunakan pendekatan pre and posttest control group design. Variabel dependen penelitian ini adalah praktek pemberian MP-ASI dan stimulasi psikososial dan variabel independen edukasi gizi dengan variabel intermediet adalah pengetahuan. Populasi adalah seluruh responden yang ikut pada penelitian sebelumnya yang berjumlah 96 orang. Sampel diambil melalui purposive sampling dengan jumlah sampel 48 responden dengan dibagi menjadi dua kelompok intervensi (edukasi gizi) dan kontrol (tanpa edukasi gizi). Edukasi diberikan selama 1 bulan dengan 2 kali pertemuan. Pertemuan pertaman menjelaskan tentang MP-ASI dan pertemuan kedua menjelaskan tentang stimulasi. Analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test untuk mengetahui kemaknaan pengetahuan sebelum dan setelah edukasi, dan independent paired t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh edukasi gizi pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol terhadap pengetahuan dan praktek. Hasil Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan praktek stimulasi serta praktek MP-ASI sebelum dan setelah edukasi pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan p<0,05. Kesimpulan Edukasi gizi mempengaruhi peningkatan pengetahuan dan praktek MP-ASI serta stimulasi. Daftar Pustaka : 63 (1989-2019) Kata Kunci : Edukasi gizi, pengetahuan, praktek stimulasi, praktek MP-ASI FACULTY OF PUBLIC HEALTH UNIVERSITAS ANDALAS Undergraduate Thesis, 17th October 2019 THE EFFECT OF NUTRITIONAL EDUCATION BY USING BOOKLETS ON KNOWLEDGE, STIMULATION AND MP-ASI PRACTICES IN CHILDREN OF STUNTING, WASTING, AND UNDERWEIGHT AGE 12-24 MONTHS IN THE WORKING AREA OF PUSKESMAS BIARO IN YEAR 2019 ix + 74 pages, 13 table, 5 pictures, 10 appendices ABSTRACT Background Indonesia becomes a contributor stunting and underweight in the world. 18 of 100 indonesian children get less stunting and underweight. Nutrition problems were closely related to food security issues which were also related to knowledge, attitudes and behaviors that were lacking in healthy lifestyles. The purpose of this study was to determine the effect of nutrition education by using booklets on knowledge and practice of stimulation and MP-ASI in children 12-24 months of stunting, wasting and underweight in the working area of the Biaro Health Center in year 2019. Method The research design was quantitative by using a quasi experimental study that was using a pre and posttest control group design approach. The dependent variable of this study was the practice of giving MP-ASI and psychosocial stimulation and the independent variable of nutrition education with the intermediate variable was knowledge. The population was all respondents who participated in the previous research, that amount to 96 people. the samples were taken through purposive sampling with a total sample of 48 respondents divided into two groups of interventions (nutrition education) and control (without nutrition education). Education given for 1 month with 2 meetings. The first meeting explained about MP-ASI and the second meeting explained about stimulation. Analysis of the data used paired sample t-test to determined the significance of knowledge before and after education, and independent paired t-test to determine whether there is an influence of nutrition education in the intervention group and the control group on knowledge and practice. Result The results showed that there was an influence of nutrition education on knowledge, stimulation practice, and feeding practices before and after education in the intervention and control groups with p <0.05. Conclution Nutrition education was influenced by increasing knowledge and practice of MP-ASI and stimulation. References : 63 (1989-2019) Keyword : Nutritional Education, Knowledge, Stimulation Practices, Feeding Practices

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar,SKM,M.Biomed
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 26 Oct 2019 10:25
Last Modified: 26 Oct 2019 10:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52783

Actions (login required)

View Item View Item