PENGARUH AROMATERAPI INHALASI LAVENDER TERHADAP KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK SEBELUM MENJALANI HEMODIALISA DI RST Dr. REKSODIWIRYO PADANG

Verawati, Verawati (2019) PENGARUH AROMATERAPI INHALASI LAVENDER TERHADAP KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK SEBELUM MENJALANI HEMODIALISA DI RST Dr. REKSODIWIRYO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kecemasan merupakan salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) yang menjalani proses hemodialisa. Salah satu terapi non farmakologi yang digunakan dalam bidang kesehatan yaitu aromaterapi inhalasi lavender. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Aromaterapi Inhalasi Lavender Terhadap Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa Di RST Dr.Reksodiwiryo Padang . Penelitian ini menggunakan desain quasi-elsperiment dengan dengan menggunakan pendekatan pendekatan pre and post test tanpa kontrol. Penelitian dilakukan di ruang Hemodialisa RST Dr. Reksodiwiryo dari tanggal 16 januari - 6 februari 2019 dengan menggunakan aroma terapi lavender dan ZSAS (Zung Self Rating Anxiety Scale). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling yaitu purposive sampling yang menggunakan rumus Federer dengan sampel 18 responden. Hasil penelitian yang menggunakan uji statistik wilcoxon nilai p= 0,004, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian aroma terapi lavender terhadap tingkat kecemasan pasien hemodialisa karena p < 0.05. Disarankan kepada Pihak Rumah sakit agar dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai terapi non farmakologis untuk menurunkan kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dally Rahman, M.Kep, Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: Hemodialisa, Aromaterapi Inhalasi Lavender, kecemasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Oct 2019 10:26
Last Modified: 26 Oct 2019 10:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52782

Actions (login required)

View Item View Item