Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Perempuan Dalam Pemilihan Legislatif 2014 Di Kabupaten Sijunjung

Ririn, Edfandiyani Putri (2019) Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Perempuan Dalam Pemilihan Legislatif 2014 Di Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Penutup/Kesimpulan)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img] Text
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ririn Edfandiyani Putri, 1510832016. Skripsi dengan judul Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Perempuan dalam Pemilihan Legislatif 2014 di Kabupaten Sijunjung. Sebagai pembimbing Prof. Dr. Sri Zulchairiyah, MA Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi politik perempuan yang cenderung tinggi namun tidak diimbangi dengan jumlah keterwakilan perempuannya dalam lembaga legislatif. Dalam hal ini yang menjadi fokus penelitian adalah partisipasi politik perempuan dalam pemilihan legislatif 2014 di Kabupaten Sijunjung, partisipasi politik dipengaruhi oleh adanya pengaruh dari Kesadaran Politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh Kesadaran Politik terhadap Partisipasi Politik pemilih perempuan dalam Pemilihan Legislatif 2014 di Kabupaten Sijunjung. Teori yang digunakan adalah teori partisipasi politik dan konsep kesadaran politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis menggunakan program SPSS 16.0 dengan analisis data tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Chi-Squere dan koefisien kontingensi. Dalam mengukur tingkat kesadaran politik digunakan tiga indikator, yaitu aspek kognitif, afektif, dan evaluatif. Data statistik menunjukkan bahwa kesadaran politik yang kognitif memengaruhi partisipasi politik perempuan yang positif yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kontingensi kedua variabel sebesar 0,264 yang berarti hubungan kedua variabel mempunyai hubungan positif yang tak berarti. Sedangkan kesadaran politik yang afektif dan evaluatif tidak memiliki hubungan terhadap variabel partisipasi politik perempuan dalam pemilihan legislatif 2014 di Kabupaten Sijunjung. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran politik cukup berpengaruh. Dikategorikan cukup karena tidak semua indikator dari kesadaran politik yang memiliki hubungan dengan partisipasi politik perempuan terhadap tingkat partisipasi politik pemilih perempuan dalam pemilihan legislatif 2014 di Kabupaten Sijunjung. Jadi indikator yang paling dominan dalam memengaruhi partisipasi politik perempuan adalah kesadaran politik yang kognitif. Kata Kunci: Partisipasi Politik perempuan, Kesadaran Politik, Pemilihan Legislatif, Keterwakilan, Sijunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Sri Zulchairiyah, MA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:42
Last Modified: 28 Oct 2019 11:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52767

Actions (login required)

View Item View Item