PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN DAUN UBI KAYU DAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN WARETHA (Bacillus amyloliquefaciens) DALAM RANSUM TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL DAN LEMAK HATI DAN DAGING PAHA AYAM BROILER

MUHAMMAD, RIFKI FADHILAH (2019) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN DAUN UBI KAYU DAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN WARETHA (Bacillus amyloliquefaciens) DALAM RANSUM TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL DAN LEMAK HATI DAN DAGING PAHA AYAM BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK (MUHAMMAD RIFKI FADHILAH).pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I (MUHAMMAD RIFKI FADHILAH).pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V (MUHAMMAD RIFKI FADHILAH).pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA (MUHAMMAD RIFKI FADHILAH).pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. SKRIPSI FULL TEXT (MUHAMMAD RIFKI FADHILAH).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian campuran daun ubi kayu dan bungkil inti sawit yang fermentasi dengan Waretha (Bacillus amyloliquefaciens) terhadap kandungan kolesterol dan lemak hati dan daging paha ayam broiler. Penelitian menggunakan 100 ekor DOC ayam broiler dari jenis MB-202 dengan lama penelitian selama 4 minggu. Ayam ditempatkan dalam kandang boks dengan alas kawat berukuran 80x80x60 cm. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas lima perlakuan yaitu pemberian daun ubi kayu dan bungkil inti sawit fermentasi (DUKBISF) dengan level pemberian 0, 4.5, 9, 13.5 dan 18% dalam ransum, dan masing-masing perlakuan diulang empat kali. Parameter yang diukur adalah kolesterol hati (mg/100g), kolesterol daging paha (mg/100g), lemak hati (%), dan lemak daging paha (%) ayam broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian DUKBISF dalam ransum berpengaruh nyata (P<0,05) menurunkan terhadap lemak hati, lemak daging paha, kolesterol hati, dan kolesterol daging paha ayam broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan DUKBISF 18% dalam ransum broiler dapat menurunkan kolesterol hati, kolesterol daging paha, lemak hati, dan lemak daging paha ayam broiler dengan perolehan kolesterol hati 76,10 mg/100g, kolesterol daging paha 72,45 mg/100g, lemak hati 4,09%, dan lemak daging paha 3,71%. Kata Kunci : Daun Ubi Kayu, Bungkil Inti Sawit, Bacillus amyloliquefaciens, Lemak, Kolesterol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2019 17:04
Last Modified: 25 Oct 2019 17:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52760

Actions (login required)

View Item View Item