Standardisasi Simplisia dan Ekstrak Kulit Buah Jeruk Kasturi (Citrus microcarpa Bunge), Penetapan Kadar Hesperidin , serta Uji Aktivitas Antioksidan dan Antibakteri

Afriyandi, Dony (2019) Standardisasi Simplisia dan Ekstrak Kulit Buah Jeruk Kasturi (Citrus microcarpa Bunge), Penetapan Kadar Hesperidin , serta Uji Aktivitas Antioksidan dan Antibakteri. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam Farmakope Herbal Indonesia belum dijumpai monografi tentang kulit buah jeruk kasturi (Citrus microcarpa Bunge), maka perlu dilakukan standardisasi parameter spesifik dan non spesifik mutu dari simplisia dan ekstrak kulit buah jeruk kasturi. Sampel yang digunakan berasal dari tiga daerah yaitu Kota Bukittingi dan Padang, serta Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Hasil pemeriaan simplisia kulit buah jeruk kasturi diperoleh permukaan luar berwana coklat dan bagian dalam berwarna kuning, sedikit berbau dan rasa asam. Pemeriksaan mikroskopis diperoleh fragmen pengenal kristal kalsium oksalat, serabut, parenkim dengan sel minyak, jaringan pengangkut berbentuk tangga. Kadar sari larut air dan etanol tidak kurang dari 19,73% dan 10,26%, nilai susut pengeringan tidak lebih dari 10,78%, serta kadar abu total dan abu tidak larut asam tidak lebih dari 4,33% dan 1,01%. Hasil pemeriaan ekstrak kulit buah jeruk kasturi berupa ekstrak kental, berbau khas, berwarna hitam dan rasa pahit. Pola KLT menggunakan pembanding hesperidin dengan nilai Rf 0,68, kadar hesperidin tidak kurang dari 4,78%, nilai randemen tidak kurang dari 25,33%, kadar air tidak lebih 17,47%, serta kadar abu total dan abu tidak larut asam tidak lebih dari 4,65% dan 0,13%. Aktivitas antioksidan ekstrak kulit buah jeruk kasturi dari daerah Bukittinggi, Padang dan Pesisir Selatan berturut turut diperoleh IC50 sebesar 980,54; 927,53; dan 897,84 µg/mL dengan kategori sangat lemah. Ekstrak kulit buah jeruk kasturi mempunyai aktivitas antibakteri pada konsentrasi 15% dan 20%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Oct 2019 17:09
Last Modified: 15 Aug 2023 01:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52758

Actions (login required)

View Item View Item