PENGARUH KONSENTRASI PENYEMPROTAN AIR CUCIAN DARI BERBAGAI JENIS BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

CHICY, LAILATHUL FITRIANI (2019) PENGARUH KONSENTRASI PENYEMPROTAN AIR CUCIAN DARI BERBAGAI JENIS BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Updated Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemupukan merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam peningkatan produksi tanaman sawi. Penggunaan pupuk organik mampu menjadi solusi dalam mengurangi aplikasi pupuk anorganik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh berbagai macam jenis air cucian beras dan konsentrasi air cucian beras terhadap tanaman pakcoy, untuk mengetahui pengaruh beberapa macam jenis air cucian beras yang terbaik terhadap tanaman pakcoy, dan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi terbaik terhadap tanaman pakcoy. Penelitian dilakukan di Rumah Kawat Fakultas Pertanian Univesitas Andalas, pada bulan Maret sampai bulan Mei 2019. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah beras putih, merah dan hitam, sedangkan untuk faktor kedua adalah konsentrasi air cucian beras 250 ml/L, 500 ml/L, 750 ml/L. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara pemberian jenis air cucian beras dengan konsentrasi air cucian beras pada tanaman pakcoy, pemberian berbagai air cucian beras memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy, pemberian konsentrasi air cucian beras yang berbeda juga memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Kata kunci: Pakcoy (Brassica rapa L.), konsentrasi, air cucian, beras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Indra Dwipa, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:14
Last Modified: 25 Oct 2019 15:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52640

Actions (login required)

View Item View Item