Analisis Komponen Kimia Minyak Atsiri dari Kulit Buah Jeruk Kasturi (Citrus microcarpa Bunge) dan Aktivitas Antibakterinya

Rezky, Effendi (2019) Analisis Komponen Kimia Minyak Atsiri dari Kulit Buah Jeruk Kasturi (Citrus microcarpa Bunge) dan Aktivitas Antibakterinya. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
8. Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
12. Bab V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen kimia dengan GC-MS, penentuan aktivitas antibakteri dengan metode difusi agar dan KLT-bioautografi serta mengidentifikasi senyawa spesifik yang memiliki aktivitas antibakteri dari minyak atsiri kulit buah jeruk kasturi (Citrus microcarpa Bunge) yang berasal dari tiga daerah di Sumatera Barat. Minyak atsiri diisolasi dari kulit buah jeruk kasturi dengan menggunakan metode destilasi air yang selanjutnya dilakukan analisis dengan GC-MS. Hasil GC-MS menunjukkan komponen kimia utama dari ketiga minyak atsiri ini adalah D-limonene, β-pinene, citronellal, terpinen-4-ol, citronellol, α-terpineol dan linalool dengan persentase yang berbeda tiap daerahnya. Terdapat senyawa yang berbeda pada masing-masing minyak atsiri, seperti α-farnesene, trichloromethane, 2,6-octadienal,3,7-dimethyl-, 3-Hexyne-2,5-diol, 2,5-dimethyl-, (-)-α-selinene, 2-methyl-3-pentanol, eremophilene, D-(+)-carvone, 2-pyrazoline,1,3,4-trimethyl-, 4-isopropyl-1-methylbenzene, fumaric acid, dan cyclooctane yang hanya ditemukan di minyak atsiri A (Pesisir Selatan); 3-ethyl-1,5-octadiene, (+)-γ-gurjunene, β-panasinsene, α-humulene, geranyl bromide hanya ditemukan di minyak atsiri B (Bukittinggi); 3-methyl-cyclohexene, bicyclogermacrene yang hanya ditemukan di minyak atsiri C (Padang). Ketiga minyak atsiri ini memiliki aktivitas antibakteri terhadap E.coli, S.aureus, E.faecalis dan P.aeruginosa dengan konsentrasi larutan 50% dan 25% (v/v) dalam pelarut tween 20. Lalu dilakukan pemisahan minyak atsiri kulit buah jeruk kasturi dengan kromatografi lapis tipis (KLT) pada plat silika gel GF254 menggunakan toluen:heksan (7:3) sebagai eluen yang selanjutnya digunakan untuk penentuan aktivitas antibakteri metode KLT-bioautografi. Hasil KLT-bioautografi didapatkan dua noda yang memiliki aktivitas antibakteri. Noda target selanjutnya dipisahkan dengan KLT-preparatif dan isolat diuji dengan GC-MS. Dua senyawa yang memiliki aktivitas antibakteri adalah citronellal dan citronellol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: minyak atsiri, jeruk kasturi, GC-MS, KLT-Bioautografi, citronellal, citronellol
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:51
Last Modified: 20 Jan 2023 08:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52638

Actions (login required)

View Item View Item