ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHA SAPI POTONG (Studi Kasus di Kelompok Tani Rumbuang Saiyo Tabek Panjang Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat)

Naseb, Rahmat Hidaya (2019) ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHA SAPI POTONG (Studi Kasus di Kelompok Tani Rumbuang Saiyo Tabek Panjang Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT 100%.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHA SAPI POTONG (Studi Kasus di Kelompok Tani Rumbuang Saiyo Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam Sumatera Barat) Naseb Rahmat Hidayat, dibawah bimbingan Dr.Ir. Arfa’i, M.S dan Rahmi Wati, S.Pt, M. Si Bagian Ilmu Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknis pemeliharaan, produktivitas dan pendapatan dari kelompok tani Rumbuang Saiyo dalam mengelola usaha sapi potong. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dan observasi yang dilakukan pada kelompok tani Rumbuang Saiyo yang beranggotakan 15 orang. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk melihat teknis pemeliharaan dan produktivitas pada usaha sapi potong kelompok tani Rumbuang Saiyo. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menghitung biaya, penerimaan, serta pendapatan dari usaha perbibitan sapi potong yang dijalankan. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu penerapan aspek teknis yang belum maksimal, produktivitas yang rendah dengan perkembangan populasi 13,33% serta pendapatan yang diperoleh Rp. 30.105.310/tahun, Rp. 2.508.775/bulan, atau Rp. 83.625/hari, dengan hasil R/C yang diperoleh yaitu 1.229 yang dapat dikatakan bahwa usaha kelompok tani Rumbuang Saiyo layak untuk dikembangkan. Kata kunci : Sapi Potong, Teknis Pemeliharaan, Produktivitas, Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Arfa’i, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:58
Last Modified: 25 Oct 2019 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52599

Actions (login required)

View Item View Item