VARIASI FONOLOGIS DAN VARIASI LEKSIKAL BAHASA MINANGKABAU DI KECAMATAN PALEMBAYAN, KECAMATAN PALUPUH, DAN KECAMATAN MATUR, KABUPATEN AGAM (KAJIAN GEOGRAFI DIALEK)

Putri, Ayu Rahmawati (2019) VARIASI FONOLOGIS DAN VARIASI LEKSIKAL BAHASA MINANGKABAU DI KECAMATAN PALEMBAYAN, KECAMATAN PALUPUH, DAN KECAMATAN MATUR, KABUPATEN AGAM (KAJIAN GEOGRAFI DIALEK). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1-dikonversi.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup dan Kesimpulan))
BAB V-dikonversi.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Texs)
Burning Putri Ayu Rahmawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Variasi Fonologis dan Variasi Leksikal Bahasa Minangkabau di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur, Kabupaten Agam (Kajian Geografi Dialek). Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja variasi fonologis bahasa Minangkabau di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, 2) apa saja variasi leksikal bahasa Minangkabau di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, 3) Bagaimana tingkat variasi kebahasaan antartitik pengamatan yang terdapat dalam bahasa Minangkabau danbagaimana tingkat variasi kebahasaan antartitik pengamatan yang terdapat dalam bahasa Minangkabau. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan variasi fonologis yang terdapat dalam bahasa Minangkabau di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, 2) mendeskripsikan variasi leksikal yang terdapat dalam bahasa Minangkabau di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, dan 3) mengklasifikasikan tingkat variasi kebahasaan antartitik pengamatan yang terdapat dalam bahasa Minangkabau di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur, Kabupaten Agam dengan penghitungan dialektometri Metode yang digunakan dalam penyedian data penelitian ini adalah metode cakap dengan menggunakan teknik pancing sebagai teknik dasarnya dan teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat sebagai teknik lanjutannya.Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode padan referensial, metode padan translasional, dan metode padan artikulatoris.Teknik dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik dasar pilah unsur penentu (PUP, dan teknik lanjutnya adalah teknik hubung banding memperbedakan (HBB).Pada tahap penyajian hasil analisis data penelitian ini menggunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisi yang telah dilakukan, ditemukan tiga variasi vokal, yaitu vokal /a/ ~ /o/, /a/ ~ /i/, dan /i/ ~ /u/. Sebelas variasi konsonan, yaitu /h/ ~ Ø, /ŋ/ ~ Ø, /ň/ ~ Ø, /m/ ~ Ø, /l/ ~ /k/, Ø ~ /n/, /m/ ~ /t/, /m/ ~ /g/, Ø ~ /g/, /d/ ~ /b/, dan /R/ ~ /r/. Satu variasi diftong, yaitu /ie/ ~ /ia/. Tingkat variasi bahasa yang terdapat di Kecamatan Palembayan, Kecamatan Palupuh, dan Kecamatan Matur adalah kategori tidak ada perbedaan dan kategori beda wicara. Kata kunci: variasi, fonologis, leksikal, dialek, Palembayan, Palupuh, Matur

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Reniwati,M.Hum.
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:05
Last Modified: 25 Oct 2019 15:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52566

Actions (login required)

View Item View Item