ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERAWAT DALAM PENCEGAHAN MEDICATION ERROR DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM

NOVI, YULIANTI (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN PERAWAT DALAM PENCEGAHAN MEDICATION ERROR DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
3. BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
5. tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang Medication Error merupakan suatu kejadian yang tidak hanya dapat merugikan pasien tetapi juga dapat membahayakan keselamatan pasien yang dilakukan oleh petugas kesehatan khususnya dalam pelayanan pengobatan pasien..Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor peran perawat yang berkontribusi terhadap pencegahan medication error di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian analitik observasional untuk mengamati hubungan antara dua variable yang diteliti. Sample Penelitian ini dilakukan pada 73 perawat. Penelitian ini dilakukan di Rumah Awal Bros Batam di ruangan rawat inap yang terdiri dari ruang Ursinia, Ramonda & Solandra, pandoria, Ophyrus, ICU, PICU, Magnolia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil uji statistik menunjukkan nilai p value= 0,042 manunjukkan ada hubungan yang bermakna antara persepsi beban kerja dengan peran perawat, ada hubungan bermakna pengetahuan dengan peran perawat p value= 0,041, ada hubungan yang bermakna antara sikap perawat dengan peran perawat p value= 0,009. Saran dan rekomendasi unutk meningkatkan medication safety diunit rawat inap Rumah Sakit Awal Bros Batam, sebaiknya digunakan system Unit dose Dispensing (UDD), serta penggunaan electronic dalam bentuk Barcode.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., MN., PhD
Uncontrolled Keywords: Peran perawat, persepsi beban kerja, medication error
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:32
Last Modified: 25 Oct 2019 15:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52562

Actions (login required)

View Item View Item