ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN DANMOTIVASI DENGAN PENERAPAN SURGICAL SAFETY CHECKLIST PERAWAT BEDAH DI RUMAH SAKIT KOTA BATAM

Endang, Yuliati (2019) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN DANMOTIVASI DENGAN PENERAPAN SURGICAL SAFETY CHECKLIST PERAWAT BEDAH DI RUMAH SAKIT KOTA BATAM. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. Bab i Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
3. Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
5. Tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaaan Surgical Safety Checklist (SSC) dikaitkan dengan perbaikan perawatan pasien yang sesuai dengan standar proses keperawatan termasuk kualitas kerja tim perawat kamar operasi. Bentuk perilaku profesionalisme di kamar operasi adalah bagaimana penerapan surgical safety checklist yang menjadi standar prosedur baku bagi keselamatan pasien di kamar operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik, pengetahuan dan motivasi perawat dalam penerapan surgical safety checklist di kamar operasi rumah sakit kota Batam. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian analitik observasional. Penelitian ini dilakukan pada 67 perawat yang di ambil dengan total sampling. Penelitian ini dilakukan di tiga Rumah Sakit Kota Batam dengan akreditasi rumah sakit berada level yang sama. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian mendapatkan sebagian perawat mempunyai pendidikan sebagian besar diploma, dengan masa kerja > 6 bulan (82.1%); pengetahuan baik (53.7%) dengan motivasi rendah (57.7%). Terdapat hubungan antara pendidikan (p= 0.042); lama kerja (p=0.010); pengetahuan (p=0.002); dan motivasi (p=0.05) dengan penerapan SSC. Diharapkan pelayanan kesehatan melaksanakan SSC sesuai dengan SOP yang berlaku dalam Rumah Sakit sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan kerja dan meningkatkan patient safety.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hema Malini,S.Kp, MN, PhD
Uncontrolled Keywords: Motivasi,Pengetahuan, Surgical Safety Checklist
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:31
Last Modified: 25 Oct 2019 15:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52548

Actions (login required)

View Item View Item