ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.A DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR SERTA PENERAPAN SENAM ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR DI RW 03 KELURAHAN UJUNG GURUN KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG TAHUN 2019

Lusia, Dirah Pangesti (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.A DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR SERTA PENERAPAN SENAM ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR DI RW 03 KELURAHAN UJUNG GURUN KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1 PDF.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 PDF.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Full Text)
FULL TEXT PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya jumlah lansia menunjukkan bahwa angka harapan hidup lebih tinggi di Indonesia, namun hal itu juga akan menimbulkan masalah kesehatan dan keluhan gangguan tidur yang sering dialami oleh lansia juga semakin bertambah. Pada proses degenerasi pada lansia, salah satunya menyebabkan waktu tidur yang efektif semakin berkurang, dan menyebabkan tidak tercapainya kualitas tidur yang adekuat. Menurunnya kualitas tidur lansia akan berdampak buruk terhadap kesehatan, karena dapat menyebabkan kerentanan terhadap penyakit, stres meningkatkan risiko penyakit generatif seperti hipertensi dan jantung. Masalah yang dtemukan yaitu gangguan pola pada Ny. A di RW 03 Kelurahan Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat. Senam Ergonomis merupakan kombinasi dari gerakan otot dan teknik pernafasan yang menggunakan diafragma, memungkinkan abdomen terangkat perlahan dan dada mengembang penuh yang mampu memberikan pijatan pada jantung sehingga dapat membuka sumbatan-sumbatan dan memperlancar aliran darah keseluruh tubuh, sehingga menyebabkan suplai oksigen didalam otak terpenuhi dan merangsang peningkatan sekresi serotonin yang membuat tubuh menjadi tenang dan mengantuk, sehingga dapat memperbaiki siklus dan pola tidur. Tujuan karya tulis ilmiah ini untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan asuhan keperawatan terhadap lansia dengan gangguan pola tidur dengan penerapan gerakan senam ergonomis. Karya tulis ini menggunakan studi kasus dan asuhan keperawataan yang dilakukan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir yang didapatkan yaitu terjadinya penambahan pengetahuan klien dan keluraga dan peningkatan skor PSQI dari 10 menjadi 4. Diharapkan dengan ini petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan dengan optimal pada lansia. Kata Kunci : Lansia, Gangguan Pola Tidur, Senam Ergonomis Daftar Pustaka : 27 (2007-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:08
Last Modified: 25 Oct 2019 14:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52545

Actions (login required)

View Item View Item