PERTANGGUNG JAWABAN NEGARA RUSIA ATAS DUGAAN PELANGGARAN TERHADAP ATURAN PERLINDUNGAN PETUGAS KESEHATAN DALAM KONFLIK BERSENJATA DI SURIAH TAHUN 2011 DITINJAU BERDASARKAN RESPONSIBILITY OF STATE FOR INTERNATIONALLY WRONGFUL ACTS DRAFT ILC 2001

Dwi Ayu, Marliyah (2019) PERTANGGUNG JAWABAN NEGARA RUSIA ATAS DUGAAN PELANGGARAN TERHADAP ATURAN PERLINDUNGAN PETUGAS KESEHATAN DALAM KONFLIK BERSENJATA DI SURIAH TAHUN 2011 DITINJAU BERDASARKAN RESPONSIBILITY OF STATE FOR INTERNATIONALLY WRONGFUL ACTS DRAFT ILC 2001. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aturan menegenai perlindungan petugas kesehatan sering dilanggar disaat terjadi peperangan atau konflik bersenjata, terutam konflik bersenjata yang terjadi di Suriah yang melibatkan berbagai negara. Akibat pelanggaran-pelanggaran yang dilaukan negara maka negara-negara itu harus bertanggung jawab terhadap pelanggaran yang dilakukan.Untuk itu penulis mengemukakan beberapa rumusan masalah, yakni: (1) mengetahui pengaturan pertanggungjawaban negara atas pelanggaran terhadap aturan perlindungan petugas kesehatandalam konflik bersenjata menurut draft ILC 2001 (2) mengetahui pertanggungjawabannegara terhadap tenaga kesehatan yang tewas dalam dugaan terjadinya kejahatan perang di suriah tahun 2011. Dalam karya Ilmiah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif, yaitu penelitian berdasarkan bahan-bahan kepustakaan.Dari hasil penelitianini dapat disimpulkan bahwa (1)pengaturan pertanggungjawaban negara atas pelanggaran terhadap aturan perlindungan petugas kesehatan dalam konflik bersenjata telah diatur dalam Responsibility of State for Internasionally Wrongful Acts draft ILC 2001, dalan aturan ini pelanggaran yang dilakukan oleh negara telah diatur sedemikian rupa, dari jenis pertanggungawaban negara, isi dari tanggung jawab negara, hingga ganti rugi dari pelannggan yang dilakukan negara telah jelas di jabararkan dalam aturan ini..(2)pertanggungjawabannegara terhadap petugas kesehatan yang tewas dan luka dalam dugaan terjadinnya kejahatan perang di suriah tahun 2011 tidak hanya melibatkan Suriah saja tetapi juga negara lain berupa Rusia. Menurut draft IlC 2001 pasal 17 negara-negara yang membantu seperti Rusia wajib bertanggung jawab terhadap pelanggaran yang terjadi dari menghentikan konflik tersebut tersebut dan memastikan pelanggaran tersebut tidak akan terulang lagi. Dan pemberian ganti rugi terhadap yang dirugikan baik secara materi ataupun moral. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Negara, Petugas Kesehatan, Konflik Suriah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:07
Last Modified: 25 Oct 2019 15:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52509

Actions (login required)

View Item View Item