ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PERMAINAN INDEX CARD MATCH TENTANG MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HYGIENE MENSTRUASI PADA SISWA SMP NEGERI 31 PADANG

Yuli, Indriyani (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PERMAINAN INDEX CARD MATCH TENTANG MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HYGIENE MENSTRUASI PADA SISWA SMP NEGERI 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (karya ilmiah akhir full text)
KARYA ILMIAH AKHIR Oleh YULI INDRIYANI, S. Kep.1841312052.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak- anak menuju dewasa. Masalah kesehatan remaja sebagian besar berkaitan dengan perilaku kesehatan atau gaya hidup, salah satunya masalah kesehatan remaja putri adalah perilaku hygiene menstruasi. Dari hasil pengkajian di SMP Negeri 31 Padang diketahui adanya perilaku hygiene yang kurang baik, sehingga diperlukan asuhan keperawatan untuk mengatasi masalah yang ada. Pendidikan kesehatan tentang Manajemen Kesehatan Menstruasi merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Pemberian pendidikan dengan metode permainan Index Card Match diberikan untuk menarik perhatian siswa dan menghilangkan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kesehatan dengan metode permainan Index Card Match terhadap perilaku hygiene menstruasi siswa. Hasil pre test yang diidapat dari 202 siswa didapatkan pengetahuan baik 14,9%, sikap baik 35,1% dan perilaku yang baik sebesar 22,8%. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan hasil post test menunjukan bahwa ada peningkatan pengetahuan baik menjadi 88,1%, sikap baik 69,3% dan perilaku baik 63%. Hal ini menunjukan metode permainan Index Card Match efektif dalam meningkatkan perilaku hygiene menstruasi pada siswa SMP Negeri 31 Padang. Hasil karya ilmiah ini diharapkan dapat digunakan mahasiswa keperawatan dalam memberikan pendidikan kesehatan terkait perilaku hygiene menstruasi. Kata kunci: Remaja, Perilaku hygiene menstruasi, index card match, manajemen kebersihan menstruasi Daftar Pustaka: 31 (2007-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Mahathir, M. Kep., Sp. Kep. Kom.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:28
Last Modified: 25 Oct 2019 14:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52496

Actions (login required)

View Item View Item