PERAN KERJASAMA OPERASI PATROLI TERKOORDINASI KASTAM INDONESIA-MALAYSIA (OPERASI PATKOR KASTIMA) DALAM MEMINIMALISIR PENYELUNDUPAN PAKAIAN BEKAS IMPOR DI KOTA DUMAI

LIDYA, FEBRIANTI (2019) PERAN KERJASAMA OPERASI PATROLI TERKOORDINASI KASTAM INDONESIA-MALAYSIA (OPERASI PATKOR KASTIMA) DALAM MEMINIMALISIR PENYELUNDUPAN PAKAIAN BEKAS IMPOR DI KOTA DUMAI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.docx - Published Version

Download (124kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pstaka.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pakaian bekas impor dilarang keberadaannya di Indonesia karena akan mematikan industri tekstil dalam negeri. Jika pakaian bekas impor masuk ke Indonesia itu artinya tindakan penyelundupan. Dalam hukum regional Asia Tenggara untuk meminimalisir penyelundupan diatur dalam Asean Agreement On Custom. Dalam hal ini antara Bea Cukai Indonesia-Malaysia menjalin kerjasama untuk mencegah tindakan penyelundupan pakaian bekas berupa operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia-Malaysia (Patkor Kastima). Permasalahan tersebut melahirkan rumusan masalah; Bagaimana peran Operasi Patkor Kastima dalam meminimalisir penyelundupan pakaian bekas dari Malaysia ke Indonesia?. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan Bea Cukai kota Dumai tidak dapat memberantas pakaian bekas impor?. Bagaimana persepsi masyarakat terhadap eksistensi perdagangan pakaian bekas impor?. Pendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis empiris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Operasi Patkor Kastima dalam meminimalisir penyelundupan pakaian bekas ke Indonesia yaitu dengan melakukan suatu patroli laut Indonesia-Malaysia dalam kerjasama mengamankan Selat Malaka yang merupakan jalur penting perdagangan dunia dan faktor yang menyebabkan Bea Cukai sulit dalam memberantas pakaian bekas impor yaitu: Masih adanya permintaan pakaian bekas dari konsumen, kurangnya SDM dalam patroli laut, kurangnya fasilitas transportasi laut, dan banyaknya pintu masuk ke Indonesia. Persepsi masyarakat Dumai tidak masalah dengan keberadaan pakaian bekas impor karena mempunyai cara khusus untuk mencuci sebelum digunakan. Kata kunci: Operasi Patkor Kastima, Penyelundupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sukanda Husin, S.H, LL.M
Uncontrolled Keywords: Operasi Patkor Kastima, Penyelundupan.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:12
Last Modified: 25 Oct 2019 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52494

Actions (login required)

View Item View Item