Pengaruh Pemberian Akupresur Oleh Anggota Keluarga Terhadap Tingkat Nyeri Pasien Nyeri Kepala (Cephalgia) Di Kota Padang Panjang

Rika Roza, Rika (2019) Pengaruh Pemberian Akupresur Oleh Anggota Keluarga Terhadap Tingkat Nyeri Pasien Nyeri Kepala (Cephalgia) Di Kota Padang Panjang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fullteks)
Tesis Fullteks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nyeri kepala (cephalgia) adalah keluhan yang sering dirasakan berupa ketidak nyamanan di daerah kepala, nyeri kepala dapat mengganggu aktifitas dan produktifitas. Salah satu terapi komplementer yang dapat mengurangi nyeri kepala adalah pemberian akupresur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian akupresur oleh anggota keluarga terhadap tingkat nyeri pasien nyeri kepala ( cephalgia) di kota Padang Panjang yang dilakukan bulan februari - September 2019. Penelitian ini Experiment Design dan rancangan penelitian pretest-postest with control group dengan jumlah sampel 116 orang dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Perbedaan tingkat nyeri sebelum dan sesudah pemberian akupresur oleh anggota keluarga digunakan Wilcoxon test. Sedangkan untuk melihat perbandingan kelompok intervensi dan kelompok kontrol menggunakan uji Independen t-test digunakan untuk menguji dua kelompok yang berbeda digunakan mann withney test. Hasil uji statistik didapatkan nilai p=0.000 ada pengaruh signifikan antara nyeri sebelum dan sesudah pemberian terapi akupresur pada kelompok intervensi sedangkan kontrol tidak ada perubahan yang signifikan dengan nilai p = 0,771 Terapi akupresur ini direkomendasikan untuk mengatasi nyeri kepala (cephalgia) yaitu memberikan bantuan terapi komplementer keperawatan untuk meminimalisir nyeri kepala (Cephalgia).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:05
Last Modified: 25 Oct 2019 12:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52464

Actions (login required)

View Item View Item