NILAI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DALAM KELUARGA DAN IMPLEMENTASI TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

FIKRIYYAH, ARIIBAH (2019) NILAI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DALAM KELUARGA DAN IMPLEMENTASI TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN INTISARI)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Fikriyyah Ariibah. BP.1510821007. Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, 2019, Judul: “Nilai Anak Berkebutuhan Khusus Di Dalam Keluarga dan Implementasi Terhadap Pendidikan Formal Anak Di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitiaan ini mendeskripsikan mengenai bagaimana nilai yang diberikan oleh orang tua terhadap kehadiran anak berkebutuhan khusus di dalam keluarga dan bagaimana implikasi dari nilai kehadiran anak oleh orang tua terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Permasalahan dalam penelitiaan ini adalah bagaimana orang tua menilai kehadiran anak berkebutuhan khusus dan bagaimana implementasinya terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus tersebut. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pemngumpulan data observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitiaan ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mendeskripsikan nilai dari keberadaam anak berkebutuhan khusus dimata keluarga dan implementasi terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memberikan nilai kepada anak berdasarkan kepuasan psikologis. Terdapat tiga indikator dalam melihat nilai anak dari kepuasan psikologis orang tua, yaitu yang pertama, melihat kondisi psikologis orang tua dalam lingkungan sosial masyarakat bahwa orang tua merasa malu dengan keberadaan anak berkebutuhan khusus. Kedua, melihat anak dari sisi positif atau negatif, bahwa orang tua berpikiran bahwa anak tidak dapat berubah walaupun sudah disekolahkan. Ketiga melihat anak dari harapan dan berharganya anak. Temuan dalam penelitiaan ini menunjukkan bahwa orang tua dalam sosial masyarakat merasakan malu memiliki anak berkebutuhan khsus, indikator kedua orang tua tidak menilai anak dalam pandangan yang positif melainkan selalu menilai anak pada pandangan negatif. Indikator ketiga melihat bahwa anak orang tua tidak memiliki harapan terhadap anak berkebutuhan khusus dan menganggap bahwa anak berkebutuhan khusus tidak berharga di dalam keluarga. Dari penilaian tiga indikator tersebut yang saangat mendominasi dari perasaan orang tua adalah merasa malu memiliki anak berkebutuhan khusus dan merasa anak tidak berharga didalam keluarga. Sehingga dari penilaiaan ini membuat orang tua berperilaku tidak baik kepada anak, seringnya orang tua mengabaikan keberadaan anak ditengah-tengah keluarga dan implementasinya terhadap pendidikan anak ialah bahwa dari penilaiaan tidak berharganya anak membuat orang tua tidak ingin menyekolahkan anak berkebutuhan khusus pada sekolah khusus atau pada sekolah umum yang menerima anak berkebutuhan khusus. Kata kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Nilai anak, Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SRI MEIYENTI, S.Sos, M,Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 25 Oct 2019 10:52
Last Modified: 25 Oct 2019 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52434

Actions (login required)

View Item View Item