PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI DI KECAMATAN RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT (Studi Kasus : di Kelompok Tani Ternak Batang Laping Kuning Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat)

Muhammad, Lutvi (2019) PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI DI KECAMATAN RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT (Studi Kasus : di Kelompok Tani Ternak Batang Laping Kuning Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh dalam pengembangan kelompok tani ternak Batang Laping Kuning Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dan apa saja kendala yang di hadapi penyuluh dalam melakukan penyuluhan terhadap kelompok tani ternak Batang Laping Kuning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis survei. Pengambilan responden dilakukan secara sensus yaitu menggunakan satu kelompok tani Batang Laping Kuning dengan anggota sebanyak 10 orang. Analisis data menggunakan analisa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani ternak Batang Laping Kuning dinilai kurang berperan dengan hanya memiliki rata-rata skor sebesar 68. Kendala-kendala yang di hadapi penyuluh adalah kurangnya partisipasi peternak terhadap penyuluh, peternak lebih memilih kesibukan masing-masing, susahnya mengumpulkan seluruh anggota kelompok, kurangnya waktu penyuluh terhadap peternak, kesibukan penyuluh dalam membina peternak lain, sulitnya waktu pertemuan antara penyuluh dengan peternak dan penyuluh tidak ditempat ketika peternak membutuhkan saran serta solusi di lapangan. Kata kunci : Peran Penyuluh, Kelompok Tani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Basril Basyar, MM
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:58
Last Modified: 25 Oct 2019 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52406

Actions (login required)

View Item View Item