Pengaruh Workplace Stretching Exercise (WSE) dan Heat therapy (hot pack) Pada Perawat di Ruang Rawat Inap Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang

EKO, SYAFRIANTO (2019) Pengaruh Workplace Stretching Exercise (WSE) dan Heat therapy (hot pack) Pada Perawat di Ruang Rawat Inap Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
BAB 7 kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
full tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keluhan muskuloskeletal merupakan keluhan yang sering dirasakan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasinya dengan pemberian terapi kombinasi workplace stretching exercise (WSE) dan heat therapy (hot pack). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh WSE dan hot pack terhadap keluhan muskuloskeletal pada perawat. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan Two-Group Pre-Post. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 perawat yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan teknik simple random sampling. Keluhan muskuloskeletal diukur dengan menggunakan nordic body map (NBM). Analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon test pada tingkat kemaknaan 95% dengan hasil uji (p.=0,000). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh WSE dan hot pack terhadap keluhan muskuloskeletal pada perawat. Perawat diharapkan lebih memperhatikan cara bekerja, beban kerja dan fasilitas kerja dengan baik serta melakukan WSE dan hot pack secara rutin. Kata Kunci : Keluhan muskuloskeletal, Workplace Stretching Exercise, dan Heat Therapy (Hot Pack) Daftar Pustaka : 87 (1992-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Pramana Khalilul. H, Sp.OT
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:37
Last Modified: 25 Oct 2019 14:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52398

Actions (login required)

View Item View Item