Alih Fungsi Lahan Pertanian (Sawah) Menjadi Perikanan (Tobek) (Studi Kasus di Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman)

Wahyuni, Fauza (2019) Alih Fungsi Lahan Pertanian (Sawah) Menjadi Perikanan (Tobek) (Studi Kasus di Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan intisari)
COVER DAN INTISARI.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (skripsi full teks)
COVER DALAM SKRIPSI-merged ayu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan mengenai alih fungsi lahan sawah menjadi lahan tobek yang terjadi di Nagari Lansek kadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor penyebab masyarakat dalam melakukan alih fungsi lahan sawah menjadi lahan tobek dan perubahan seperti apa yang terjadi dalam masyarakat setelah alih fungsi lahan dilakukan. Tipe penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan kenapa masyarakat melakukan alih fungsi lahan sawah menjadi lahan tobek dan perubahan yang terjadi setelah alih fungsi lahan dilakukan terhadap kehidupan masyarakat di Nagari Lansek kadok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab masyarakat Nagari Lansek Kadok melakukan alih fungsi lahan sawah menjadi tobek adalah: faktor ekologi, lingkungan sangat mempengaruhi bentuk suatu lahan, lahan sawah yang terserang hama akan mengakibatkan kurang efektif nya lahan tersebut untuk dijadikan lahan sawah, karena akan berdampak kepada penurunan hasil panen padi. Sehingga lahan sawah tersebut lebih cocok dijadikan sebagai lahan tobek. faktor ekonomi, individu yang melibatkan dirinya dengan ekonomi pasar akan tertarik untuk mengubah lahan sawahnya mejadi lahan tobek karena harga ikan yang meningkat di pasaran. Dan individu tersebut menjadikan lahan tobek sebagai bisnis untuk menambah penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Faktor ketenagakerjaan, lahan tobek merupakan salah satu tempat masyarakat Nagari Lansek Kadok dalam bekerja. Bahkan tobek juga dijadikan sebagai mata pencaharian utama bagi masyarakat. Karena tobek memberikan keuntungan yang bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga individu yang lain juga tertarik untuk melakukan hal yang sama. Setelah melakukan alih fungsi lahan, akan menimbulkan perubahan yang terjadi pada masyarakat sekitar, seperti pola perekonomian keluarga meningkat. Namun, hubungan masyarakatnya mulai berkurang dikarenakan pada lahan sawah dilakukan dengan sistem tolong menolong, sedangkan pada lahan tobek dilakukan dengan sistem upah. Kata kunci: Alih Fungsi Lahan, Masyarakat, Faktor Penyebab, Perubahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajri Rahman, S.Sos, MA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:55
Last Modified: 25 Oct 2019 14:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52397

Actions (login required)

View Item View Item