PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG PEGAGAN (Centella asiatica L.) TERHADAP KADAR AIR, DAYA IKAT AIR DAN TEKSTUR BAKSO DAGING AYAM PETELUR AFKIR

Lusi, Putri Ani (2019) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG PEGAGAN (Centella asiatica L.) TERHADAP KADAR AIR, DAYA IKAT AIR DAN TEKSTUR BAKSO DAGING AYAM PETELUR AFKIR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2 BAB 1.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
3 BAB 5.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG PEGAGAN (Centella asiatica L.) TERHADAP KADAR AIR, DAYA IKAT AIR DAN TEKSTUR BAKSO DAGING AYAM PETELUR AFKIR Lusi Putri Ani, di bawah bimbingan Ade Sukma, Ph.D dan Ade Rakhmadi, S. Pt, MP Bagian Teknologi dan Pengolahan Hasil Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung tapioka dengan tepung pegagan (Centella asiatica L.) terhadap kadar air, daya ikat air, dan tekstur bakso daging ayam petelur afkir. Penelitian ini menggunakan daging ayam petelur afkir sebanyak 1500 gram, tepung tapioka 270 gram dan tepung pegagan sebanyak 30 gram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah perbandingan tepung tapioka dengan tepung pegagan (Centella asiatica L.) sebanyak A (0% : 100%), B (5% : 95%), C (10% : 90%), D (15% : 85%), dan E (20% : 80%). Peubah yang diamati adalah kadar air, daya ikat air dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tepung tapioka dengan tepung pegagan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bakso daging ayam petelur afkir yang dihasilkan dalam menurunkan nilai kadar air, daya ikat air dan tingkat kekerasan tekstur. Hasil terbaik pada penelitian ini pada perlakuan C, dengan kadar air 69,67 %, daya ikat air 72,26 %, dan tekstur 24,86 N/cm2. Kata Kunci: Bakso, centella asiatica l, daging ayam petelur afkir, kadar air, tekstur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: AdeSukma,S.Pt,MP,Ph.D
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:03
Last Modified: 25 Oct 2019 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52379

Actions (login required)

View Item View Item