Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resusitasi Jantung Paru Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Rsup Dr.M.Djamil Padang Tahun 2019

Yenni, Fajria (2019) Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resusitasi Jantung Paru Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Rsup Dr.M.Djamil Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI. Penutupan)
BAB VI. Penutup.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Henti jantung merupakan suatu keadaan gawat darurat yang sering terjadi dan dapat mengakibatkan kematian pada sel-sel otak dan seluruh organ vital. Penatalaksaan henti jantung yang dikembangkan adalah tindakan resusitasi jantung paru. Pengetahuan dan sikap tentang resusitasi jantung paru sangat penting untuk mahasiswa profesi ners yang sedang praktik di rumah sakit karena mereka berperan untuk melakukan resusitasi jantung paru bersama perawat atau dokter yang bertugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap mahasiswa profesi ners tentang resusitasi jantung paru di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2019. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 136 orang dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi dan dianalisis dengan analisa deskriptif. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa lebih dari setengah responden (55.1%) memiliki pengetahuan kurang tentang resusitasi jantung paru dan lebih dari setengah responden (64.7%) memiliki sikap positif terhadap resusitasi jantung paru. Pengetahuan dan sikap mahasiswa tentang resusitasi jantung paru perlu ditingkatkan karena mahasiswa berperan dalam tindakan resusitasi jantung paru dan dengan pengetahuan yang kurang mahasiswa tidak mampu untuk melakukan resusitasi jantung paru yang berkualitas sehingga tidak akan dilibatkan dalam tim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: Resusitasi Jantung Paru, Pengetahuan, Sikap, Mahasiswa Profesi Ners
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:08
Last Modified: 25 Oct 2019 11:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52277

Actions (login required)

View Item View Item