ANALISIS PENGELOLAAN AGRIBISNIS PESANTREN (STUDI KASUS : SERAI WANGI DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBABARU KECAMATAN LEMBAH SORIK MARAPI KABUPATEN MANDAILING NATAL PROVINSI SUMATERA UTARA)

Dewi, Rahma Dewi (2019) ANALISIS PENGELOLAAN AGRIBISNIS PESANTREN (STUDI KASUS : SERAI WANGI DI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBABARU KECAMATAN LEMBAH SORIK MARAPI KABUPATEN MANDAILING NATAL PROVINSI SUMATERA UTARA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (bab v)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan profil usaha Agribisnis Serai Wangi di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru, (2) untuk mengetahui pengelolaan Agribisnis Serai Wangi Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru, (3) untuk mengetahui kontribusi yang diberikan Agribisnis Serai Wangi terhadap Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru dan terhadap santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Mei 2019 sampai 15 Juni 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Informan kunci digunakan pada tujuan pertama dan kedua, pada tujuan ketiga dengan metode sensus . Analisis data untuk tujuan penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha agribisnis serai wangi Pondok Pesantren Musthafawiyah berdiri pada tahun 2017 dimodali oleh mudir pesantren (H. Mustafa Bakri Nasution) sebesar 1 M. yang bertujuan dalam upaya meningkatkan pendapatan pesantren. Agribisnis Serai Wangi di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru terdiri dari beberapa kegiatan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kontribusi dari usaha agribisnis serai wangi pada tahun 2018-2019 belum memberikan keuntungan yaitu masih mengalami kerugian sebesar Rp.207.900.710. Terdapat tiga manfaat yang dirasakan santri, yaitu : penambahan pengetahuan dan keterampilan, perubahan sikap dan prilaku, dan memberikan tambahan pendapatan. Masyarakat sekitar pesantren dapat menambah pendapatan dan memperoleh pembelajaran mengenai pengelolaan serai wangi. Kata kunci : Serai wangi, Pesantren, Pengelolaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza,M.Sc.Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:01
Last Modified: 25 Oct 2019 12:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52221

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item