ANALISIS BIAYA TRANSAKSI PADA PELAKSANAAN KEMITRAAN POLA KKPA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ANTARA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA V SEI BATU LANGKAH DENGAN KUD BUMI ASIH DI KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU (Studi Kasus: KUD Bumi Asih )

Rahmah, Selasmi (2019) ANALISIS BIAYA TRANSAKSI PADA PELAKSANAAN KEMITRAAN POLA KKPA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ANTARA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA V SEI BATU LANGKAH DENGAN KUD BUMI ASIH DI KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU (Studi Kasus: KUD Bumi Asih ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menggambarkan pelaksanaan kemitraan pola KKPA antara PTPN V dengan KUD Bumi Asih dan 2) menganalisis biaya transaksi yang timbul dalam tiap tahap pelaksanaan kemitraan pola KKPA tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode studi kasus. Data diolah menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan pelaksaaan kemitraan KKPA dan besar biaya transaksi yang yang dikeluarkan oleh KUD Bumi Asih selama kemitraan berlangsung. Adanya transaksi dalam proses penegakan kontrak menimbulkan biaya transaksi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan kemitraan pola KKPA menimbulkan beberapa biaya transaksi. Biaya tersebut muncul ketika terjadinya kontrak kerjasama antara KUD Bumi Asih dan PT. Perkebunan Nusantara V. Selain itu, adanya ketidakpastian informasi ataupun kondisi yang dihadapi KUD menjadi faktor penyebab munculnya biaya transaksi. Biaya diidentifikasi mulai dari tahap masa konstruksi (pembangunan kebun) hingga masa penyerahan dan pelunasan kredit. Biaya transaksi yang dikeluarkan oleh KUD selama masa konstruksi yaitu sebesar Rp 205.306,-/ha meliputi biaya negosiasi dan pengambilan keputusan, biaya pelaksanaan kontak dan biaya monitoring atau pengawasan. Sedangkan biaya yang dikeluarkan oleh KUD Bumi Asih pada masa penyerahan kebun kelapa sawit sampai kredit lunas yaitu sebesar Rp 1.397.953/ha. Biaya yang dikeluarkan pada masa penyerahan kebun berupa a) biaya pelaksanaan kontrak meliputi biaya perjalanan dinas, biaya konsumsi (rapat), biaya transfer, biaya bantuan hukum dan biaya koordinasi dan sosial, b) biaya adaptasi dan c) biaya monitoring atau pengawasan. Kata Kunci: Perkebunan, Kemitraan, Pola KKPA, Biaya Transaksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yonariza, Ir. M.Sc. Ph.D.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:06
Last Modified: 25 Oct 2019 11:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52212

Actions (login required)

View Item View Item