Kompetensi Peternak Tentang Pengolahan Limbah Sapi Potong Sebagai Pupuk Kandang (Studi Kasus Kelompok Tani Harapan Generasi Jorong Kubang Nan Raok Nagari Supayang Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok)

Sonia, Permata Sari (2019) Kompetensi Peternak Tentang Pengolahan Limbah Sapi Potong Sebagai Pupuk Kandang (Studi Kasus Kelompok Tani Harapan Generasi Jorong Kubang Nan Raok Nagari Supayang Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER SONIA.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI SONIA FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kompetensi peternak tentang pengolahan limbah sapi potong sebagai pupuk kandang pada kelompok tani Harapan Generasi dilihat dari tingkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan peternak. Penelitian berlangsung pada tanggal 15 April sampai 26 Juli 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, data primer dan data sekunder. Data primer langsung diperoleh melalui wawancara, pencatatan, serta pengamatan langsung di lapangan dengan bantuan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari sumber yang sudah ada yaitu melalui buku-buku literatur, dan buku-buku yang berhubungan dengan pokok penelitian. Responden penelitian adalah seluruh anggota kelompok tani Harapan Generasi yang berjumlah 19 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi peternak tentang pengolahan limbah sapi potong sebagai pupuk kandang berada pada kategori tinggi yaitu dengan rata-rata skor 52,29. Kata Kunci : Kompetensi, Peternak, Sapi Potong, Pupuk Kandang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Fuad Madarisa, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:25
Last Modified: 25 Oct 2019 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52208

Actions (login required)

View Item View Item