Efektifitas Cryotherapy Terhadap Pencegahan Mukositis Pada Anak kanker Yang Menjalani Kemoterapi Di Instalasi kebidanan Dan Anak RSUP Dr.M.Djamil Padang

Hidayatul, Hasni (2019) Efektifitas Cryotherapy Terhadap Pencegahan Mukositis Pada Anak kanker Yang Menjalani Kemoterapi Di Instalasi kebidanan Dan Anak RSUP Dr.M.Djamil Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover_abstrak indo.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS CRYOTHERAPY TERHADAP PENCEGAHAN MUKOSITIS PADA ANAK YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI INSTALASI RAWAT INAP KEBIDANAN DAN ANAK RSUP Dr.M.DJAMIL)
HIDAYATUL HASNI_1721312057_1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mukositis dapat menjadi masalah yang serius bagi anak kanker dan merupakan efek samping yang sering terjadi setelah proses kemoterapi. Cryotherapy akan menyebabkan terjadinya vasokonstriksi dan penurunan aliran darah ke mukosa mulut sehingga menghasilkan konsentrasi agen kemoterapi yang lebih rendah sehingga mampu mencegah terjadinya mukositis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas cryotherapy terhadap pencegahan mukositis. Quasi Eksperiment dengan desain pre test- post test with control gruop, telah dilakukan pada 45 responden (22 kelompok intervensi dan 23 kelompok kontrol). Pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Pelaksanaan cryotherapy dengan memberikan es chips pada anak sebelum, selama dan setelah kemoterapi dilakukan selama 45 menit. Pengumpulan data pada responden dengan menggunakan WHO mucositis scale. Analisa data dengan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat perbedaan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol, dan Chi-Square untuk melihat pengaruh dari cryotherapy terhadap pencegahan mukositis.. Hasil penelitian didapatkan terdapat perbedaan kejadian mukositis antara sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada kelompok intervensi (p= 0,003) dan kelompok kontrol (p=0,000) dan cryotherapy efektif terhadap pencegahan mukositis (p=0,01). Perawat dan keluarga dapat mengaplikasikan cryotherapy sebagai salah satu metode untuk mencegah terjadinya mukositis. Key word : Cryotherapy, Mukositis, Onkologi, Anak Daftar Pustaka : 81 (1996-2019)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr.Mayetti.,Sp.A.(K).IBCLC
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 16:54
Last Modified: 25 Oct 2019 16:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52125

Actions (login required)

View Item View Item