PENGARUH VARIASI SERAT TKKS DAN GERAK MAKAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN DAN KEAUSAN TEPI HASIL PROSES PEMESINAN BUBUT PADA MATERIAL KOMPOSIT

PUTRI, INDAH PERMATA SARI (2019) PENGARUH VARIASI SERAT TKKS DAN GERAK MAKAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN DAN KEAUSAN TEPI HASIL PROSES PEMESINAN BUBUT PADA MATERIAL KOMPOSIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V fix.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cover abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Limbah kelapa sawit jumlahnya sangat melimpah, setiap pengolahan 1 ton Tandan Buah Segar (TBS) akan menghasilkan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) sebanyak 23% TKKS atau sebanyak 230kg TKKS. Serat tandan kosong kelapa sawit adalah salah satu limbah organik yang dihasilkan dari buah sawit itu sendiri, saat ini penelitian untuk serat tandan kosong kelapa sawit masih sangat sedikit, serat tandan kelapa sawit yang dimanfaatkan memiliki berbagai karakteristik yang perlu dilakukan penelitian, maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang serat kelapa sawit, terutama tentang sifat mampu mesin komposit serat tandan kelapa sawit. Karena komposit adalah gabungan dari beberapa bahan maka umumnya sifat komposit lebih unggul setelah dilakukan penggabungan, sedangkan sifat mampu mesin ialah suatu sifat yang menunjukkan kemudahan suatu material untuk dikerjakan dengan proses pemesinan. Pada penelitian inin serat tandan kosong kelapa sawit dan gerak makan saat dilakukannya proses pemesinan bubut divariasikan untuk melihat pengaruh komposisi yang dihasilkan terhadap kekasaran permukaan pada komposit dan keausan tepi yang terjadi pada pahat setelah dilakukannya proses pemesinan bubut. Dalam hal ini digunakan pendekatan Taguchi (Taguchi methods) menggunakan tiga fase untuk eksperimen yang akan dilakukan yaitu merancang desain eksperimen berupa pemilihan faktor kontrol, faktor bebas dan pemilihan Orthogonal Array, Pelaksanaan eksperimen, dan analisis eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Adam Malik M,Eng
Uncontrolled Keywords: TKKKS, Limbah, gerak makan, keausan, pemesianan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:44
Last Modified: 25 Oct 2019 09:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52121

Actions (login required)

View Item View Item