HUBUNGAN PERILAKU USAHATANI DENGAN KINERJA USAHATANI KOPI ROBUSTA DI JORONG PINCURAN TUJUH NAGARI BATIPUH BARUAH KECAMATAN BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR

Nadiatul, Aufa (2019) HUBUNGAN PERILAKU USAHATANI DENGAN KINERJA USAHATANI KOPI ROBUSTA DI JORONG PINCURAN TUJUH NAGARI BATIPUH BARUAH KECAMATAN BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku usahatani merupakan akumulasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dimana pertanian diselenggarakan. Perilaku usahatani akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas usahatani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku usahatani dan kinerja usahatani kopi Robusta dan menganalisis hubungan perilaku usahatani dengan kinerja usahatani di Jorong Pincuran Tujuh, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar. Perilaku usahatani dilihat dari variabel pengetahuan, sikap dan keterampilan usahatani. Sedangkan kinerja usahatani diukur dengan variabel produktivitas dan penerimaan usahatani. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Perilaku usahatani dari variabel pengetahuan dan sikap termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan keterampilan usahatani termasuk dalam kategori sedang. Produktivitas rata-rata kopi Robusta di Pincuran Tujuh < 0.5 ton/Ha sehingga termasuk dalam kategori rendah dan penerimaan usahatani juga termasuk kategori rendah karena penerimaan usahatani < Rp 1.000.000,- dengan persentase 80% dari keseluruhan responden. (2) Perilaku usahatani berkorelasi signifikan dengan kinerja usahatani. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti berharap petani dapat mengimplementasikan GAP (Good Agriculture Practices) kopi robusta dan pemerintah mendukung peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap usahatani melalui kegiatan pelatihan dan penyuluhan rutin. Kata kunci: perilaku usahatani, korelasi, kinerja usahatani, kopi Robusta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir.Nofialdi, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:29
Last Modified: 25 Oct 2019 09:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52078

Actions (login required)

View Item View Item