Studi Penempatan Plts Optimal Untuk Mengurangi Rugi-Rugi Daya Dan Memperbaiki Tegangan Pada Sistem Jaringan Distribusi Menggunakan Metode K-Means Clustering

Stella Elysia, Darpius (2019) Studi Penempatan Plts Optimal Untuk Mengurangi Rugi-Rugi Daya Dan Memperbaiki Tegangan Pada Sistem Jaringan Distribusi Menggunakan Metode K-Means Clustering. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan rugi-rugi daya dan nilai profil tegangan yang buruk pada sistem distribusi, yaitu dengan menempatan Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Penempatan PLTS pada lokasi yang tepat akan menjaga utilitas tegangan, namun jika penempatan PLTS pada lokasi yang tidak tepat akan menyebabkan stabilitas sistem akan terpengaruh. Pada penelitian ini, akan diusulkan studi optimasi penempatan PLTS menggunakan metode K-means Clustering. Metode ini akan mengelompokan setiap node dalam sistem dari sudut pandang operasi karakteristik LSF (loss sensitivity factor) dan dV (deviasi tegangan). Hasil pengelompokan setiap bus dengan metode K-means Clustering akan menjadi dasar dalam penentuan lokasi penempatan PLTS pada sistem distribusi IEEE 37 dan 69 bus. Metode ini digunakan karena hasil pengelompokan berdasarkan ukuran kedekatan dan mempunyai karakteristik yang sama satu sama lain. Tujuan dari penulisan ini, yaitu menentukan lokasi optimal penempatan PLTS dan menganalisis pengaruh penambahan PLTS pada sistem tenaga listrik untuk mengurangi rugi-rugi daya dan memperbaiki tegangan berdasarkan metode K-means Clustering. Penempatan lokasi PLTS yang optimal pada sistem distribusi IEEE 37 bus ditempatkan pada 3 bus dengan kapasitas daya 60% dimana nilai rugi-rugi daya turun hingga 176,2 kW dan profil tegangannya pun yang paling baik namun ada beberapa bus masih dalam keadaan undervoltage dan overvoltage. Sedangkan penempatan lokasi PLTS paling optimal untuk sistem distribusi IEEE 69 bus ditempatkan pada bus 6 bus dengan kapasitas daya 60% dimana nilai rugi-rugi daya turun hingga 149,5 kW dan profil tegangan tiap bus telah berada dalam keadaan normal. Kata Kunci : Sistem Distribusi, Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), K-Means Clustering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:12
Last Modified: 25 Oct 2019 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52057

Actions (login required)

View Item View Item