KINERJA KOLOM ADSORPSI KONFIGURASI SERI MENGGUNAKAN ADSORBEN BATU APUNG SUNGAI PASAK PARIAMAN UNTUK PENYISIHAN LOGAM KROMIUM (Cr) DAN MERKURI (Hg) DARI LARUTAN SIMULASI AIR TANAH

RISNA, FATILLA (2019) KINERJA KOLOM ADSORPSI KONFIGURASI SERI MENGGUNAKAN ADSORBEN BATU APUNG SUNGAI PASAK PARIAMAN UNTUK PENYISIHAN LOGAM KROMIUM (Cr) DAN MERKURI (Hg) DARI LARUTAN SIMULASI AIR TANAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
COVER dan ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I TILLA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB V TILLA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAPUS TILLA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
5. LENGKAP TILLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja kolom adsorpsi konfigurasi seri menggunakan adsorben batu apung Sungai Pasak Pariaman untuk penyisihan logam Cr dan Hg dari larutan simulasi air tanah. Konsentrasi awal logam Cr dan Hg dalam larutan simulasi air tanah masing-masing adalah 0,057 mg/L dan 0,53 mg/L. Percobaan dilakukan menggunakan kolom adsorpsi yang terbuat dari akrilik dengan diameter 7 cm dan tinggi 14,5 cm. Diameter adsorben yang digunakan adalah 1-3 mm dengan ketinggian bed adsorben dalam kolom adalah 12,5 cm. Percobaan dilakukan secara triplo dengan arah aliran upflow pada variasi kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 (520 mL/min) dan 3 gpm/ft2 (780 mL/min) serta variasi jumlah kolom konfigurasi seri yang digunakan (1, 2 dan 3 kolom). Sampel hasil percobaan dianalisis dengan metode spektrometri menggunakan Inductively Coupled Plasma – Atomic Emission (Shimadzu, ICPE-9000). Dari penelitian diperoleh kondisi optimum sistem kolom adsorpsi berdasarkan efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi tertinggi logam Cr dan Hg sebesar 53,61% dan 37,86% dengan kapasitas adsorpsi sebesar 0,043 mg/g dan 0,279 mg/g pada variasi kecepatan alir influen 3 gpm/ft2 dan penggunaan 3 kolom setelah 540 menit proses adsorpsi. Hasil percobaan menunjukkan bahwa penggunaan 2 dan 3 kolom dengan konfigurasi seri berpengaruh dalam meningkatkan kualitas air tanah yang diolah, karena terjadi proses adsorpsi yang berulang. Kata Kunci: air tanah, batu apung, kolom adsorpsi konfigurasi seri, krom, merkuri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng SHINTA INDAH
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:15
Last Modified: 25 Oct 2019 11:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51948

Actions (login required)

View Item View Item