ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENCEGAHAN INFILTRASI PADA PEMASANGAN INTRAVENA PERIFER DI RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM TAHUN 2019

indah, purnama sari (2019) ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENCEGAHAN INFILTRASI PADA PEMASANGAN INTRAVENA PERIFER DI RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
Bab akhir.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
Tesis Indah PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Infiltrasi merupakan keluarnya cairan dari pembuluh darah pasien yang bisa mengakibatkan cedera pada pasien. Di Indonesia belum ditemukan instrumen tentang pencegahan infiltrasi pada pasien. Tujuan penelitian ini mengembangakan dan melakukan analisis validitas dan reliabilitas instrument pencegahan infiltrasi pada pemasangan intravena perifer di Rumah Sakit Awal Bros Batam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam pengembangan instrument atau tools. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif ekploratif untuk melihat pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat tentang infiltrasi. Selanjutnya dilakukan dengan studi literatur dan panel expert dengan metode Delphie yang merupakan penilaian relevansi instrument untuk pencegahan infiltrasi. Kemudian, dilakukan pilot project sebanyak dua kali untuk menguji validitas dan reabilitas dari instrumen. Hasil penelitian nilai Content Validity Index (CVI) ≥ 0.8), pada pilot project pertama didapatkan hasil uji validitas (r tabel=0.4629) dan reliabilitas (Cronbach = 0.421), pada pilot project kedua menunjukkan hasil validitas (r tabel=0.2540) dan uji reliabilitas (Cronbach =0.529). Hasil penelitian mendapatkan menurut panel expert hanya tujuh item yang bisa disertakan dalam instrumen, dan kedua pilot studi menyatakan instrument valid dan reliabel. Disarankan agar di ruangan menggunakan instrumen yang dikembangkan ini dalam melakukan pencegahan infiltrasi pada pemasangan infus perifer, dan agar bisa dilakukan pilot studi di tempat lain di rumah sakit di kota Batam. Kata kunci : Infitrasi; Pencegahan; Instrumen Daftar Pustaka : 42 ( 2010 - 2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hema Malini, SKp, MN,PhD
Uncontrolled Keywords: Infitrasi; Pencegahan; Instrumen
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:15
Last Modified: 25 Oct 2019 12:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51931

Actions (login required)

View Item View Item