ANALISIS DAN DISAIN KONSTRUKSI KUDA-KUDA BENTANG PANJANG MENGGUNAKAN PROFIL BAJA RINGAN

Larra, Idyanti (2016) ANALISIS DAN DISAIN KONSTRUKSI KUDA-KUDA BENTANG PANJANG MENGGUNAKAN PROFIL BAJA RINGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
05. Abstrak A5.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
09. BAB 1.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Penutup))
013. BAB 5.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Larra PDF upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Desain Kuda-kuda bentang panjang dengan menggunakan material Baja Ringan ini dibuat menjadi salah satu solusi dalam perencanaan struktur kuda-kuda. Dimana dengan material Baja Ringan ini dapat diperoleh masa struktur tersebut yang lebih ringan, sehingga mengurangi beban sendirinya. Apalagi dengan diiringi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak bangunan yang dibangun dengan dimensi yang cukup panjang dan lebar, sehingga dibutuhkan konstruksi kuda-kuda yang panjang untuk menutup bangunan tersebut. Selain itu, desain ini juga bertujuan untuk mengetahui bentuk profil dan konfigurasi yang sesuai dengan kekuatan yang akan diuji berdasarkan nilai aksial tarik dan tekan yang dihasilkan dari analisis SAP 2000 yang dibandiingkan dengan kapasitas dari aksial tekan dan tariknya. Konfigurasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah Vaulted Paralel Cord. Dengan bentang yang direncanakan yaitu 30m, 40 m, 50 m dan 60 m. Dan hasil penelitian ini juga mendapatkan bentuk profil Channel pada bagian web vertikal dan horizontal dan Channel Ganda (Box) pada bagian elemen bawah (Bottom Chord) dan elemen atas (Top Chord). Untuk bentang 60 m, konfigurasi ditambahkan bracing sebagai pengaku dan bertujuan untuk mengurangi gaya dalam yang dihasilkan. Dari penelitian ini, didapatkan rasio dari perbandingan aksial tarik dan tekan dan kapasitas tarik dan tekan memenuhi syarat di setiap bentangnya. Selain kekuatan, hal yang diperhatikan ialah kekakuan. Dengan bentang yang sangat panjang akan menimbulkan deformasi yang cukup besar pula. Sehingga, lendutan tersebut harus memenuhi batas ijin lendutan maksimum. Dan hasil yang didapatkan pun memenuhi untuk setiap bentangnya. Penelitian ini juga menetukan bentuk sambungan pada konfigurasi dan sambungan antara elemen dengan tumpuan (kolom). Untuk sambungan antara elemen di konfigurasi menggunakan sambungan sekrup dengan kapasitas 1 bautnya 3.97 KN. Untuk sambungan antara elemen antara elemen dengan tumpuan (kolom) menggunakan sambungan baut dengan jumlah 2 baut untuk bentang 30 m dan 40 m serta 3 baut untuk bentang 40 m dan 50 m. Kata kunci: Kuda-kuda bentang panjang, Baja Ringan, Kekuatan aksial tarik, Kekuatan aksial tekan, kekakuan, sambungan sekrup, sambungan baut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:24
Last Modified: 26 Apr 2016 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item