ANALISIS HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN TENAGA KESEHATAN DALAM MENERAPKAN PROBLEM SOLVING FOR BETTER HEALTH (PSBH) PADA PLEBITIS DI RSUD SOLOK SELATAN

YUHELMA, PUTRI (2019) ANALISIS HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN TENAGA KESEHATAN DALAM MENERAPKAN PROBLEM SOLVING FOR BETTER HEALTH (PSBH) PADA PLEBITIS DI RSUD SOLOK SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
Bab I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

PSBH diterapkan di RSUD Solok Selatan untuk mengatasi masalah plebitis di ruang IGD, Interne, dan Paru-Syaraf sebagai ruang pilot project. Penerapan PSBH belum optimal, masih ada tenaga kesehatan yang tidak mampu menghasilkan Plan of Action (PoA) untuk mengatasi masalah plebitis dan ada yang sudah menghasilkan PoA, namun belum maksimal implementasinya. Kondisi ini mengakibatkan belum ada penurunan angka plebitis secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan keterampilan tenaga kesehatan dalam menerapkan PSBH pada plebitis. Desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sample yang digunakan sebanyak 31 orang dengan purposive sampling. Hasil penelitian adalah karakteristik tenaga kesehatan hampir keseluruhan berusia dewasa 83,3%, sebagian besar perempuan 74,2%, profesional 61,3%, dan lama kerja ≥5 tahun 74,2%, ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan plebitis dengan keterampilan PSBH dengan p value 0,008, tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan PSBH dengan keterampilan PSBH dengan p value 0,128, ada hubungan bermakna antara pengetahuan plebitis dengan keterampilan PSBH berdasar jenis kelamin perempuan, berusia dewasa, pendidikan profesi, dan lama kerja < 5 tahu dan ≥ 5 tahun dengan p value < 0,05, tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan PSBH dengan keterampilan PSBH berdasar karakteristik; jenis kelamin, usia, pendidikan, dan lama bekerja dengan p value > 0.05. Saran untuk Institusi Pelayanan membuat strategi dan program pengembangan sumber daya manusia terutama untuk perempuan, berusia dewasa, berpendidikan profesi, dan lama kerja > 3 tahun melalui pendidikan dan pelatihan terkait terapi infus dan plebitis, latihan dan bimbingan keterampilan PSBH, monitor dan evaluasi serta supervisi terjadwal pelaksanaan PSBH pada plebitis. Kata kunci: plebitis, PSBH, pengetahuan, keterampilan Daftar pustaka: 72 (1994-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr, Yulastri Arif
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 24 Oct 2019 09:38
Last Modified: 24 Oct 2019 09:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51827

Actions (login required)

View Item View Item