Rancang Bangun Sistem Pemisah Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler

Rezka, Maulida (2019) Rancang Bangun Sistem Pemisah Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pemisah sampah otomatis. Pemisah sampah ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis menggunakan sensor ultrasonik yang berfungsi sebagai pendeteksi keberadaan objek atau orang yang membuang sampah. Selain itu pemisah sampah ini dapat memisahkan sampah menurut jenisnya menggunakan sensor proximity kapasitif dan sensor proximity induktor, sensor ini dapat membedakan sampah kering, basah dan kaleng. Setiap sampah yang dibuang akan mendapatkan point, dimana point tersebut akan disimpan dalam bentuk database. Hasil pengujian yang telah diperoleh untuk uji sensor ultrasonik hanya dapat mendeteksi keberadaan objek pada jarak maksimal 300 cm. Hasil yang diperoleh dari 2 kali pengujian yang dilakukan diperoleh rata-rata keberhasilan sebesar 80%. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengujian sistem secara keseluruhan dari ke-2 pengujian adalah nilai yang didapat dari sensor proximity dan posisi objek pada saat pendeteksian. Apabila sampah tidak tepat mengenai sensor maka proses pendeteksian akan terganggu dan menyebabkan sampah tidak masuk sesuai jenisnya. Dengan adanya alat ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dengan memberi poin dan imbalan kepada masyarakat yang buang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Rian Ferdian, M.T
Uncontrolled Keywords: tempat sampah, sensor ultrasonik, sensor proximity, sensor inframerah
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 24 Oct 2019 16:33
Last Modified: 24 Oct 2019 16:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51778

Actions (login required)

View Item View Item