KAJI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN PEREDAM DINAMIK TLCD BERBENTUK V DENGAN PENAMPANG BERVARIASI PADA MODEL STRUKTUR RUANG DUA LANTAI

Nurul, Intan Ridelfa (2019) KAJI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN PEREDAM DINAMIK TLCD BERBENTUK V DENGAN PENAMPANG BERVARIASI PADA MODEL STRUKTUR RUANG DUA LANTAI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Getaran pada struktur ruang akibat gaya dari luar dapat diatasi dengan menggunakan peredam dinamik yang berfungsi untuk mengurangi respon getaran pada struktur ruang. Peredam dinamik bekerja dengan cara menyerap sebagian energi getaran dari struktur sehingga getaran yang terjadi pada struktur utama akan berkurang. Pada penelitian sebelumnya, peredam dinamik TLCD (Tuned Liquid Column Damper) bentuk U dan TMD (Tuned Mass Damper) digunakan untuk mengurangi respon struktur yang getarannya terjadi pada satu bidang x-z. Dalam penelitian ini dikembangkan penggunaan peredam dinamik TLCD pada struktur ruang dua lantai untuk mengurangi respon getaran pada bidang x-z dan y-z. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan volume air pada TLCD. Dari pengujian didapatkan kondisi optimum dari kinerja peredam dinamik dengan melihat besarnya respon getaran yang dapat direduksi oleh peredam dinamik tersebut. Hasil dari pengujian didapatkan kondisi optimum TLCD bidang x-z yaitu pada volume air 295 ml, dan TLCD bidang y-z pada volume 240 ml. Hasil respon dinamik struktur terhadap waktu menunjukkan bahwa penambahan peredam dinamik TLCD dapat mengurangi respon getaran pada struktur ruang dua lantai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.-Ing. Mulyadi Bur
Uncontrolled Keywords: Getaran, struktur, peredam dinamik, TLCD
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Oct 2019 15:30
Last Modified: 24 Oct 2019 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51708

Actions (login required)

View Item View Item