KARAKTERISASI BIOKOMPOSIT BERBAHAN PATI TAPIOKA DAN CHITOSAN DIPERKUAT OLEH SERAT NANO BACTERIAL CELLULOSE YANG DIPERSIAPKAN DENGAN PROSES ULTRASONIKASI

Angga, Bahri Pratama (2019) KARAKTERISASI BIOKOMPOSIT BERBAHAN PATI TAPIOKA DAN CHITOSAN DIPERKUAT OLEH SERAT NANO BACTERIAL CELLULOSE YANG DIPERSIAPKAN DENGAN PROSES ULTRASONIKASI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan Dan Saran)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
Thesis Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan bahan alam untuk komposisi plastik biokomposit ramah lingkungan menjadi lebih penting, karena plastik konvensional membutuhkan waktu yang lama untuk terurai di lingkungan. Chitosan (CH) merupakan salah satu biopolimer yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai matriks biokomposit, karena mudah terurai dan tidak beracun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi biokomposit yang disiapkan dengan ultrasonikasi. Komposisi biokomposit pada penelitian ini terdiri dari campuran nano Bacterial Cellulose (BC) di dalam matriks pati tapioka/chitosan. Kehadiran CH meningkatkan aktivitas antimikroba. Penambahan serat nano sebesar 1.36% berat kering pada matriks berbasis pati/CH, meningkatkan kekuatan tarik sebesar 229% dibandingkan dengan film pati murni. Suhu laju dekomposisi maksimum bergeser dari 307 °C menjadi 317 °C. Serapan uap air (setelah 8 jam) dan penghalang uap air (24 jam) dari biokomposit meningkat masing-masing sebesar 8.9% dan 27% dibandingkan dengan film pati/chitosan murni. Peningkatan sifat tersebut disebabkan serat nano tersebar secara homogen dalam matriks berbasis pati/chitosan. Hal ini diakibatkan proses ultrasonikasi yang dibuktikan adanya beach mark pada permukaan patahan sampel uji tarik. Ikatan antar muka yang baik antara serat nano dan matriks berkontribusi untuk meningkatkan sifat-sifat dari film pati. Hasil tersebut menunjukkan bahwa komposisi biokomposit ini sangat potensial untuk aplikasi kemasan makanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr.-Ing. Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: bacterial cellulose, serat nano, ultrasonikasi, chitosan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 24 Oct 2019 11:47
Last Modified: 24 Oct 2019 11:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51689

Actions (login required)

View Item View Item