Pengaruh Penggunaan Tepung Batu dari Beragam Sumber Terhadap Bobot Telur dan Kualitas Kerabang Telur Puyuh (Coturnix-coturnix Japonica)

Sandykalaguntur, Sandykalaguntur (2019) Pengaruh Penggunaan Tepung Batu dari Beragam Sumber Terhadap Bobot Telur dan Kualitas Kerabang Telur Puyuh (Coturnix-coturnix Japonica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penggunaan tepung batu dari beragam sumber terhadap bobot dan kualitas kerabang telur puyuh. Penelitian terdiri atas 5 perlakuan dan 4 ulangan yaitu : kontrol (P0) ransum basal, (P1) ransum basal dengan 9% tepung batu Padang Panjang, (P2) ransum basal dengan 7% tepung batu Palupuh, (P3) ransum basal dengan 6% tepung batu Halaban dan (P4) ransum basal dengan 2,5% tepung batu Kamang. Penelitian menggunakan ternak puyuh betina sebanyak 200 ekor dengan umur sekitar 42 hari. Setiap perlakuan terdiri atas 4 kelompok bobot badan (@ 10 ekor) sebagai ulangan. Penelitian dilakukan selama 6 Minggu. Parameter yang diukur adalah bobot telur, bobot kerabang, tebal kerabang, persentase kerabang dan kandungan mineral kerabang (Ca, P). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan analisis keragamana dengan rancangan acak kelompok (RAK) 5x4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bobot telur, bobot kerabang, tebal kerabang, persentase kerabang dan kandungan mineral P kerabang telur puyuh berbeda tidak nyata diantara 5 perlakuan (P<0,05). Pemberian tepung batu asal Kamang (P4) memberikan pengaruh terbaik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung batu dalam ransum puyuh memberikan pengaruh positif terhadap bobot telur dan kualitas kerabang yang lebih baik dibandingkan Kontrol (P0). Tepung batu terbaik untuk ternak puyuh petelur adalah tepung batu yang berasal dari Kamang. Kata Kunci : Tepung batu, puyuh petelur, bobot telur, kualitas kerabang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof, Dr, Ir. H., Khalil, M.Sc,
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Oct 2019 11:27
Last Modified: 24 Oct 2019 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51651

Actions (login required)

View Item View Item