Hermawan, Dicki Hermawan (2011) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Pemahaman Pasien Pengguna Asuransi Kesehatan Dan Pasien Umum (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Dr. Rasidin Padang). S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Skripsi Full Text)
S1 ISIP 2012 Dicki Hermawan 07191014.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
DICKI HERMAWAN, 07191014, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Jurusan Sosiologi Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Pemahaman Pasien Pengguna Asuransi Kesehatan dan Pasien Umum (studi pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang). Jumlah halaman 92 Lembar. Pembimbing I Drs. Agus Budiono, MS, Pembimbing II Drs. Wahyu Pramono, M.Si. Rumah Sakit sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan, hendaknya dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan jumlah kunjungan pasien. Kondisi sosial masyarakat yang semakin meningkat menyebabkan masyarakat semakin sadar akan kualitas pelayanan yang diberikan. Di dalam mencapai tujuan yang beorientasi pada pemahaman pasien yang baik terhadap kualitas pelayanan, maka kinerja rumah sakit selaku penyedia jasa pelayanan kesehatan perlu diperhatikan karena akan menghasilkan sebuah pemahaman dari pasien selaku pengguna jasa pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauhmana hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Rasidin terhadap pemahaman pasien dengan status pengguna asuransi kesehatan dan pasien umum. Penelitian ini menggunakan teori sistem sosial oleh Nikhlas Lukhman serta didukung dengan hipotesis bahwa ada atau tidak adanya hubungan yang signifikan antara dimensi fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian pada kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Rasidin terhadap pemahaman pasien dengan status pengguna asuransi kesehatan dan pasien umum. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik pengambilan sample secara random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok yang mengambil 100 orang sebagai respondennya, yang kemudian diuji dengan menggunakan tes Chi-kuadrat dan koefisien kontingensi Cmaks yang berguna untuk melihat hubungan antar dua variabel yang diuji atau apakah hipotesis diterima atau ditolak dengan tingkat kepercayaan 5%. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman pasien pengguna asuransi kesehatan dan pasien umum terhadap kualitas pelayanan kesehatan di RSUD dr. Rasidin terutama pada dimensi fisik, kehandalan, daya tanggap dan kepedulian serta terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian pada kualitas pelayanan RSUD dr. Rasidin dengan pemahaman pasien pengguna asuransi kesehatan dan pasien umum. Pemahaman yang baik diartikan sebagai ukuran subjektif hasil-hasil penilaian perasaan pasien yang menggambarkan pelayanan kesehatan sepenuhnya atau sebagian besar sesuai kebutuhan atau keinginan pasien. Pemahaman yang kurang baik diartikan sebagai ukuran subjektif hasil penilaian perasaan pasien, yang menggambarkan pelayanan kesehatan tidak sepenuhnya atau sebagian sesuai kebutuhan atau keinginan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Drs.Agus Budiono,MS ; Drs.Wahyu Pramono, M.Si |
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
| Depositing User: | Naura Salsabila Afrizal |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 01:56 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 01:56 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric