Saputra, Rozi Andrea (2012) MOTIF MAHASISWI UNTUK BERBELANJA Dl CYBERMARKET ( Kasus : Mahasiswi Universitas Andalas yang Tetap Melakukan Kegiatan Berbelanja di Cyber Market dan Pernah Tertipu ). S1 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Skripsi Full Text)
S1 Fisip 2012 Rozi Andrea Saputra 0810812024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Berbelanja di cybermarket adalah salah satu terobosan kegiatan berbelanja bagi masyarakat. Layanan belanja ini selalu digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat pada umumnya, terutama wanita. Namun kegiatan berbelanja di cybermarket ini, juga sarat dengan resiko penipuan. Di Universitas Andalas Padang, Mahasiswinya adalah individu-individu yang pernah berbelanja online, pernah mengalami penipuan berbelanja secara online dan masih tetap melakukan kegitan berbelanja online. Permasalahan ini dipilih untuk diteliti, karena ingin mengetahui motif mahasiswi Universitas Andalas untuk kembali berbelanja di cybermarket. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motif mahasiswi Universitas Andalas untuk kembali berbelanja di cybermarket. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Because Motive dan In Order to Motive mahasiswi Universitas Andalas untuk kembali berbelanja di cybermarke,t serta mendeskripsikan cara mahasiswi Universitas Andalas membangun ulang kepercayaan mereka. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan mengenai disiplin ilmu yang terkait. khususnya Sosiologi Pasar. Untuk melihat masalah ini, di gunakan teori fenomenologi Alfred Schutz yang memfokuskan pada motif seseorang dalam melakukan sesuatu yaitu Because Motive/Motif Sebab dan In Order to Motive/Motif Akibat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran terperinci dari suatu masalah sosial yang terjadi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua motif yang mendorong mahasiswi Universitas Andalas untuk kembali berbelanja online setelah mengalami penipuan berbelanja online. Pertama Because Motive/Motif Sebab adalah; Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh cybermarket, ketersedian produk di cybermaket dan harga yang murah. Kedua In Order to Motive/ Motif Akibat adalah: Rekomendasi dari orang-orang terdekat dan perilaku belanja mahasiswi Universitas Andalas yang berorientasi kepada iklan dan produk baru.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Azwar, M.Si, , Drs. Rinaldi Eka Putra> M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Motif Sebab, MotifAJdbat, Mahasiswi, Berbelanja, Cybermarket. |
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
| Depositing User: | Sindy Berliana |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 04:55 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 04:55 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric