ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK SPESIALIS DASAR RUMAH SAKIT TK.III dr.REKSODIWIRYO PADANG TAHUN 2019

Fitia, Oktari (2019) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK SPESIALIS DASAR RUMAH SAKIT TK.III dr.REKSODIWIRYO PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI FULL TEXT FITIA OKTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tahun 2018 Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Tk.III dr. Reksodiwiryo Padang mengalami waktu tunggu yang belum memenuhi SPM Rumah Sakit yaitu 98 menit. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis penyebab lamanya waktu tunggu pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Tk.III dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan model Sequential Explanatory pada bulan September 2018 – September 2019. Penelitian Kuantitatif menghitung waktu tunggu di 4 poliklinik spesialis dasar yaitu poliklinik penyakit dalam, poliklinik bedah, poliklinik anak dan poliklinik kebidanan dengan 108 orang sampel. Teknik pengambilan sampel secara sampling accidental. Analisis data digunakan untuk mendapatkan distribusi frekuensi waktu tunggu. Penelitian kualitatif dilakukan kepada 11 orang informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, FGD, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara triangulasi metode dan triagulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan frekuensi rata-rata waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan adalah 212 menit. Sebanyak 105 orang (97,2%) tidak sesuai dengan standar. Penyebab lamanya waktu tunggu ini adalah kurangnya tenaga rekam medis, belum terlaksananya SOP dengan maksimal, ruangan penyimpanan rekam medis yang terbatas, dan masih adanya keterlambatan jadwal dokter. Waktu Tunggu pelayanan rawat jalan masih tergolong lama atau belum memenuhi SPM rumah sakit. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk menggunakan rekam medis berbasis sistem informasi manajemen rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:52
Last Modified: 02 Jan 2020 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51563

Actions (login required)

View Item View Item