SIGNS AND MEANINGS IN TOP TEN ANTIVIRUS LOGO 2012

Suryanita, Amilia (2014) SIGNS AND MEANINGS IN TOP TEN ANTIVIRUS LOGO 2012. S2 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
S2 Pascasarjana Sastra Inggris 2014 Amilia Suryanita 0910733103.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanda-tanda linguistik dan non linguistik di dalam logo antivirus serta makna yang terkandung di dalamnya dibahas di dalam skripsi ini. Ada sepuluh antivirus yang memiliki daya saing berdasarkan kecepatan, ketepatan dan kegunaan. Data diambil dari salah satu media online di internet secara berurutan dari yang teratas hingga terbawah. Penulis mencari gambar berupa logo dari tiap antivirus di internet dan menganalisisnya. Analisis logo di mulai dari menentukan tanda linguistik dan tanda non linguistik. Melalui model pembagian tanda dari Saussure, tanda linguistik dibagi menjadi dua yaitu signifier dan signified. Penulis mengkaji logo dengan menerapkan teori makna dari Roland Barthes untuk menjabarkan makna denotasi dan konotasi melalui teori tahapan signifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tanda apa saja yang terdapat di dalam logo, kemudian mengungkap makna denotatif dan konotatif yang terkandung di dalam logo, serta menjabarkan pola umum dari keseluruhan logo antivirus tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode observasi yang tidak melibatkan peneliti secara langsung (non participant observational method) yang dikemukakan oleh Sudaryanto. Metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data ialah metode referensial dan distributional. Dalam menyajikan hasil analisis penulis menggunakan metode informal dan formal. Tanda-tanda yang digunakan dalam sebuah logo terdiri atas sebuah gambar dan juga teks yang memiliki arti penting karena menggambarkan kekuatan dari setiap antivirus. Umumnya, sebuah logo antivirüs menggunakan desain yang kreatif untuk dapat menarik perhatian para penggunanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antivirus ini menggunakan teks dan sebuah logo bergambar yang bertujuan untuk memperkenalkan produknya dan menarik perhatian para pengguna media elektronik agar menggunakan jasanya serta memudahkan para pembaca untuk memilih antivirus mana yang paling tepat untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: Dr. Sawirman. M.Hum ; Drs. Zulfakhri Majo Datuk, M.Hum
Uncontrolled Keywords: logo antivirus, tanda linguistik, tanda non-Iinguistik, denotasi, konotasi
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Pustakawan Marne Dardanellen
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:46
Last Modified: 12 Nov 2025 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515628

Actions (login required)

View Item View Item