Iqbal, Muhammad (2012) Pelaksanaan Akad Murabahah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Padang Dalam Kaitannya Dengan Perlindungan Konsumen Terhadap Klausula Baku. S2 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Skripsi Full Text)
S2 Pascasarjana Hukum Kenotariatan 2012 Muhammad Iqbal 1020115003.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hadirnya Bank Muamalat Indonesia pada tahun 1991 merupakan jawaban tersendiri bagi umat Islam yang menginginkan transaksi yang bebas riba yang ada di bank konvensional. Sebelum melakukan penyaluran dana bank terlebih dahulu membuat akad. Klausula baku atau standar lahir sebagai bentuk dari perkembangan dan tuntutan dunia usaha. Lahirnya Undang-undang Perlindungan konsumen yaitu Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen merupakan sebuah terobosan karena dilahirkan untuk memperkuat posisi konsumen Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan mengenai pelaksanaan akad murabahah pada PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Cabang Padang dan untuk menjelaskan mengenai bentuk perlindungan konsumen pada PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Cabang Padang dikaitkan dengan perlindungan konsumen terhadap klausula baku. Penelitian mengenai pelaksanaan akad pada PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Cabang Padang ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan metode deskriptif. Untuk memperoleh dan mengumpulkan data primer dan data sekunder dilakukan dengan melalui penelitian di lapangan dan penelitian perpustakaan. Data primer diperoleh dengan melalui tehnik wawancara kepada responden. Sedangkan untuk memperoleh data sekunder dilakukan melalui studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul akan dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan Penerapan akad murabahah yang pada dasarnya adalah klausula baku telah sesuai dengan prinsip-prinsip akad menurut hukum Islam. Pada dasarnya penerapan ini sejalan dengan ketentuan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, yang mengatur secara tegas melarang dibuatnya klausula baku khususnya oleh pelaku usaha, dalam hal klausula tersebut memuat aturan-aturan yang memberatkan konsumen dan terdapat beberapa klausula yang memberatkan konsumen. Bentuk perlindungan hukum yang diberikan olch bank kepada nasabahnya yaitu, apabila terjadi penunggakan dalam melaksanakan pembayaran maka bank tidak akan langsung menyita jaminan. Bank terlebih dahulu akan mencari tahu alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Jika pengunggakan tersebut terjadi bukan karena kesalahan nasabah maka bank akan memberikan bantuan kepada nasabah untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu menambah modal nasabah dengan membuat akad baru. Kata Kunci: Pelaksanaan Akad Murabahah, Bank Muamalat Indonesia, THK Cabang Padang, Perlindungan Konsumen, Klausula Baku.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Supervisors: | Prof. Dr. Yaswirman, MA ; Muhammad Hasbi, SH, MH |
| Subjects: | K Law > K Law (General) |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S2 Kenotariatan |
| Depositing User: | Pustakawan Marne Dardanellen |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:35 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:35 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/515599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric